Selasa,9 Agust 2016 12:14 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Ganti Satuan Konsumsi MID Toyota Avanza & Suzuki Ertiga, Caranya Tersembunyi

  • Foto: sano/otomotifnet

    Toyota Avanza & Veloz foto 1

  • Foto: sano/otomotifnet

    Toyota Avanza & Veloz foto 2

  • Foto: sano/otomotifnet

    Toyota Avanza & Veloz foto 3

  • Foto: sano/otomotifnet

    Suzuki Ertiga foto 1

  • Foto: sano/otomotifnet

    Suzuki Ertiga foto 2

  • Foto: sano/otomotifnet

    Suzuki Ertiga foto 3

  • Foto: sano/otomotifnet

    Suzuki Ertiga foto 4

Jakarta - Demam penggunaan MID (Multi Information Display) kini seakan semakin menjamur. Namun dengan hanya 1 atau 2 tombol, sering kali terdapat hal-hal yang tidak diketahui langsung. Termasuk pada 2 mobil populer yang sangat mudah dijumpai di Indonesia, yaitu Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.

Hanya berupa sebuah LCD monokrom yang terintegrasi di instrument cluster dan 2 tombol untuk menjelajahinya, ada sebuah fungsi dari MID tersebut yang jarang diketahui. Yakni bisa mengganti satuan angka konsumsi rata-rata dan temperatur.

OTOMOTIF sempat menyadari, pernah menaiki Avanza atau Ertiga yang menggunakan satuan ‘km/L’ di MID-nya, tetapi ada juga yang menganut ‘L/100km’. Ternyata ada cara tersembunyi untuk mengkonversi satuan di atas dari yang satu ke yang lainnya.

Toyota Avanza & Veloz

Karena generasi pertamanya belum memiliki MID, tutorial di bawah ini hanya berlaku untuk Toyota Avanza 2011 ke atas, alias dari generasi kedua. Untuk All New Avanza, hanya varian Veloz 1.5 M/T dan A/T yang memiliki MID, sedangkan setiap varian Grand New memilikinya.

Hanya ada 2 tombol untuk mengutak-atik MID yang terletak di ujung kanan instrument cluster. Sebelah kiri untuk mengatur jam dan yang kanan bertuliskan ODO/TRIP DISP. Ikuti langkah di bawah untuk mengubah satuan dari ‘km/L’ ke ‘L/100km’ atau sebaliknya.

1. Pertama, arahkan MID ke bagian informasi konsumsi bahan bakar rata-rata, dengan menekan tombol ODO/TRIP DISP berkali-kali hingga menemukan tulisan “AVG” di atas angka.

2. Kemudian, tekan dan tahan tombol ODO/TRIP DISP tersebut. Setelah 2 detik, angka pada MID konsumsi bahan bakar akan terulang jadi “0.0”, jangan lepas tombol tersebut dan terus tahan.

3. Setelah tombol ditahan sekitar 7 detik, maka satuan akan berubah, bila tadinya ‘km/L’ akan menjadi ‘L/100km’ atau sebaliknya.

Suzuki Ertiga

Setiap Suzuki Ertiga yang dikeluarkan di Indonesia memiliki MID, namun di bawah varian GX tidak mendapatkan pengukur temperatur luar, di bagian teratas layar monokrom di antara spidometer dan takometer tersebut.

Terdapat 2 satuan yang bisa diubah, yaitu satuan konsumsi bahan bakar rata-rata dari ‘km/L’ ke ‘L/100km’ atau sebaliknya dan satuan temperatur dari F (derajat Fahrenheit) ke C (derajat Celcius) atau sebaliknya.

Juga terdapat 2 tombol yang tersedia untuk mengatur MID. Di sebelah kiri atau di bawah takometer, adalah tombol TRIP. Sedang sebelah kanan atau di bawah spidometer, merupakan tombol pengatur brightness instrument cluster.

Berikut langkah untuk mengubah satuan konsumsi bahan bakar dari ‘L/100km’ ke ‘km/L’ atau sebaliknya:

1. Pertama, navigasikan MID ke bagian konsumsi bahan bakar rata-rata yang bertuliskan AVG di baris kedua

2. Kemudian, tekan dan tahan tombol TRIP di sebelah kiri. Setelah sekitar tiga detik dan masih sambil menahan tombol tersebut, putarlah tombol di sebelah kanan ke kiri atau ke kanan untuk mengubah satuan konsumsi dari ‘L/100km’ ke ‘km/L’ dan sebaliknya.

Oh ya, memutar tombol di kanan terasa agak keras yaa.

3. Sedangkan berikut langkah untuk mengubah satuan temperatur pada MID di Ertiga GX atau Dreza: Arahkan MID ke bagian sisa jarak yang dapat ditempuh yang ditandai tulisan ‘RANGE’ di baris kedua.

4. Lakukan langkah kedua yang sama seperti cara untuk mengubah satuan konsumsi bahan bakar, maka satuan temperatur akan berubah dari F (derajat Fahrenheit) ke C (derajat Celcius) atau sebaliknya.

 

EDITOR

Bagja

Top