Senin,1 Agust 2016 08:11 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Komunitas Altic (Altis Indonesia Community): Setel Rack Steer Altis

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    1. Dongkrak mobil bagian depan kanan dan kiri kemudian copot bannya

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    2. Buka tie rod bagian kanan dan kiri menggunakan kunci ring 14 mm

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    3. Buka juga link stabilizer bagian kanan dan kiri menggunakan kunci ring 12 mm

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    4. Engine mounting bagian belakang juga ikut dibongkar. Karena letaknya yang cukup dalam, gunakan kunci sok yang dapat disambung agar menjangkau bagian engine mounting, ukuran kunci yang digunakan 14 mm dan 17 mm

  • Foto: Taufik/otomotifnet

    5. Dongkrak mobil bagian depan kanan dan kiri kemudian copot bannya

Jakarta - Bagi para pengguna Toyota Altis generasi 10, yaitu periode produksi tahun 2008 sampai 2013. Banyak dijumpai keluhan berupa bunyi halus di sektor kaki-kaki bagian depan. Suara halus tersebut mengganggu karena suara bisa terdengar sampai ke kabin. Repotnya, mencari sumber bunyi ini terkadang menyulitkan dan banyak sebabnya.

Resiko jeleknya, ada yang mesti mengganti part lama dengan unit baru, namun bunyi halus masih tetap terdengar. Ternyata keluhan tersebut diakibatkan oleh steel damper yang bergeser dan mengalami keausan. “Solusinya harus bongkar pasang rack steer dan menyetel ulang posisi steel damper-nya,” ujar Radityo, Humas dari Altis Indonesia Community (Altic).

Untuk mengetahui apakah steel damper bergeser atau tidak, bisa melakukan pengecekan mandiri di rumah. Caranya, dengan menggantung roda depan kanan dan kiri, kemudian menggoyangkan ke arah kanan, kiri, atas dan bawah. Apabila tidak ada goyangan yang signifikan pada roda, tetapi masih terdapat bunyi, bisa dipastikan rack steer mengalami masalah.

Bagi para pengguna Altis yang mempunyai masalah tersebut dan ingin mencari solusinya, Altic menyarankan untuk mengunjungi bengkel Autospeed milik Boy, yang terletak di Jl. Johar Raya No.11 B, Tanah Sareal, Bogor. Bengkel tersebut sudah menjadi rekanan komunitas Altis Indonesia Community. Namun bengkel ini bukan hanya khusus untuk member Altic, melainkan bisa untuk umum.

Untuk penyetelan rack steer, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 350 ribu dan lama pengerjaan tidak sampai satu hari. Berikut cara pembongkaran dan penyetelan rack steer pada Altis gen 10. 

 

EDITOR

Bagja

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top