Kamis,9 Juni 2016 09:11 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Komunitas di OTOBURSA Tumplek Blek 2016, Dari Simpel Sampai Ribet

Foto: Sano

Dari Yang Simpel Sampai Yang Ribet

Jakarta - Dari awal kehadirannya di tahun 1998, OTOBURSA Tumplek Blek sudah jadi tempat berkumpulnya para pecinta sampai entusias otomotif, tidak terlepas komunitas mobil yang identik dengan sharing tips dan tricks.

Lebih uniknya, kumpulan komunitas tersebut juga dibarengi lapak yang sengaja mereka buka, agar para pengunjung dapat pula menikmati upgrade maupun perawatan ala-ala komunitas.

Tidak berbeda dengan Tumplek Blek ke 17 kali ini. Berbagai macam komunitas, misal KCI (Karimun Club Indonesia), HBC (Honda Brio Community), JFC (Jazz Fit Club), Red Car Community Indonesia, Anyone (All New Yaris Indonesia), hingga Altic (Altic Indonesia Community). Mobil maskot yang jadi kebanggaan tiap komunitas pun dipajang, yang langsung menggabungkan banyak tips dan tricks yang ada dari komunitas tersebut dalam satu mobil. Penasaran ada apa saja? • 
 

Honda Brio Community (HBC) Jaring PElindung Radiator
Honda Brio Community (HBC)

Honda Brio Community (HBC) Jaring Pelindung Radiator

Dari awal sampai sekarang beredar, anggota komunitas Honda Brio dan Mobilio banyak yang khawatir soal radiator yang terlalu terekspos oleh gril yang besar. Oleh karena itu, banyak yang mencoba melindunginya, termasuk cara yang digunakan oleh Honda Brio Community (HBC) ini.

“Kita buatkan jaring custom, fungsinya untuk melindungi radiator dan kondensor dari batu-batu, saat mobil jalan cepat atau dari benda perusak ketika melewati banjir,” tutur Arde dari HBC. Bahan yang digunakan adalah aluminium, sehingga diklaim cukup kuat untuk menahan bagian dalam mesin dari benda-benda berbahaya di atas. Tahan dari karat juga jadi salah satu kelebihan dari jaring ini.

“Pasangnya sebenarnya plug and play, kalau untuk Mobilio bisa langsung dimasukkan dari atas sambil buka kap mesin, lalu diikat dengan cable ties yang sudah disediakan,” tambah Chiemot, rekan Arde. Bukan hanya untuk Brio bersaudara ini, sebenarnya kawat pelindung radiator ini bersifat universal alias bisa dipasang di semua mobil. Cukup sesuaikan dengan ukuran gril mobil yang akan dipasangkan. Sedangkan untuk Brio dan Mobilio, jaring aluminium ini dibanderol seharga Rp 90 ribu. .•

Arde: 0813-80061669

Karimun Club Indonesia (Kci) Gantikan Lis Lama
Karimun Club Indonesia (Kci)

Karimun Club Indonesia (Kci) Gantikan Lis Lama

Meski sudah keluar lebih dari satu dekade lalu, tetapi Karimun generasi pertama alias ‘Karko’ atau Karimun Kotak, masih jadi salah atu keluarga yang paling disayang oleh KCI.Buktinya, banyak member Karimun Club yang membuat aksesori sendiri. Tetapi yang paling menarik adalah produk berupa lis. “Kita membuat lis-lis untuk eksterior dan interior Karimun Kotak yang merupakan replika dari aslinya.

Bagian-bagian ini paling sering hilang atau sudah rusak, di kebanyakan Karimun yang kami temukan dan harganya cukup mahal. Karena itu kami membuat versi yang lebih terjangkau,” jelas Ache Karko. Untuk eksterior misalnya, lis bodi yang dijual seharga Rp 800 ribu untuk 8 bagian terpisah ini cukup ditempel saja.  Kemudian ada juga lis pegangan bagasi, menggantikan bagian asli yang sering patah, cukup dibaut dan dijual seharga Rp 350 ribu.

Bagian dalam juga kedapatan lis buatan KCI, yaitu untuk pegangan di kabin belakang. “Pemasangannya pun mudah, bahannya juga menyerupai aslinya, kami jual sepasang Rp 325 ribu,” tambah Ache. Selain fokus menjual lis-lis yang membantu para pemilik Karimun mengembalikan ke bentuk aslinya, KCI juga menjual part-part lain seperti mud flap dari bahan karet agar tidak gampang patah saat dipakai, Rp 300 ribu untuk Karimun Kotak dan Rp 250 ribu untuk Karimun Wagon R. •

Ache Karko: 0811-9987770

Red Car Community Indonesia Pasang Karpet Anti-Bakteri
Red Car Community Indonesia

Red Car Community Indonesia Pasang Karpet Anti-Bakteri

Meski tidak ada satu part spesifik untuk satu mobil tertentu, Red Car Community Indonesia yang buka lapak di Zona C memberikan tips bagaimana agar tiap anggota maupun pengunjung Tumplek Blek bisa tetap sehat selama ada di kabin. “Kalau biasanya karpet sekarang dibuat hanya untuk nyaman, kita membuat versi custom yang fokus agar isi mobil lebih sehat. Bentuknya disesuaikan masing-masing jenis mobil, kita sebut namanya Bio 88 Healthy Carmat,” jelas Zul dari RCCI.

Pemasangannya pun plug n play, karena sudah dibuat sesuai bentuk interior. Keunggulannya, karpet ini terdiri dari 2 lapis sehingga lebih mudah dibersihkan. Belum lagi bagian bawahnya dilengkapi bahan Velcro, agar tidak mudah selip dengan bahan karpet dasar bawaannya. “Tujuan karpet ini untuk anti-debu, anti-bakteri, anti-penyakit dan juga mudah dibersihkan,” tambah Zul. Bagi yang tertarik, cukup sediakan Rp 2 juta untuk mobil dua baris atau Rp 3 juta yang tiga baris. •

Zul: 0838-8588668

 Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) Upgrade Performa
Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI)

Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) Upgrade Performa

Bila kebanyakan komunitas fokus dengan tampilan, tampaknya berbeda dengan komunitas yang satu ini. Toyota Yaris Club Indonesia yang isinya terdiri dari Toyota Yaris generasi berapa pun justru lebih perduli soal performa dibanding apa yang bisa dilihat. “Beberapa dari anggota kita memang sebelumnya ada yang dibuat gaya street racing. Nah banyak yang saat part-nya dilepas, dijual lagi ke lapak kita agar dapat dinikmati pengguna Yaris lainnya,” kata Hakim, salah satu pengguna Yaris ‘Bulat’ di TYCI.

Untuk part penambah performa, yang disediakan di lapaknya saat Otobursa lebih fokus untuk Yaris generasi pertama.  Misalnya ada Air Flow Converter, yang diklaim dapat menambah tenaga sampai 20 dk dan dijual seharga Rp 750 ribu. Ada juga throttle controller CamconTi yang dapat memberi sensasi mode sport ke Yaris. Lalu untuk membuat pembuangan hasil bakar lebih lancar, TYCI juga menyediakan knalpot Trust yang dijual seharga Rp 5 juta.

 Belum lagi strut bar yang niscaya membuat lebih pede menikung, bisa dimiliki dengan harga Rp 2 juta. “Karena berhubungan dengan mesin juga, kebanyakan yang kita jual juga enggak plug and play, harus dipasang di bengkel yang cukup ahli,” tutup Hakim.•

All New Yaris Indonesia (Anyone) Sunroof Makin Elegan
All New Yaris Indonesia (Anyone)

All New Yaris Indonesia (Anyone) Sunroof Makin Elegan

Toyota All New Yaris ini berbeda dengan yang lain. Konsep elegan yang diusungnya membuatnya lebih terkesan stylish. Ditambah lagi dengan pemasangan sunroof menambah kesan mewah. Sunroof yang dipasang merupakan barang baru, bukan bekas copotan dari mobil lain.

Pemasangan sunroof baru dipilih karena proses pemasangan yang relatif cepat. “Hanya butuh waktu sekitar 5 jam,” ujar Nico salah satu member dari Anyone. Sunroof ini memiliki kekurangan yaitu tidak ada sistem pembuangan air hujan. Apabila setelah hujan ingin membuka sunroof, dianjurkan untuk menunggu hingga air hujan benar-benar kering dari sunroof. • (otomotifnet.com) / TK

Jazz Fit Club (JFC) Fokus racing Look
Jazz Fit Club (JFC)

Jazz Fit Club (JFC) Fokus racing Look

Racing look yang ditonjolkan oleh komunitas Jazz Fit Club (JFC) bukan hanya sekadar penampilan luar. JFC sendiri memiliki kegiatan yang namanya JazzFitClub Goes To Circuit (JGTC). Menurut JFC, untuk memodifikasi harus dilakukan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Untuk member penganut aliran racing, modifikasi terutama dilakukan pada mesin, intake, exhaust dan kaki-kaki. Untuk member yang memodifikasi ringan dengan menggunakan part original, banyak dari mereka yang beralasan masalah keamanan dan masa pakai yang panjang. •

EDITOR

Bagja

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top