Jumat,7 Okt 2016 15:09 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Komunitas Semarang Mirage Club (SMC), Cara Pasang Turbo

  • Foto: Istimewa

    Foto 1

  • Foto: Istimewa

    Foto 2

  • Foto: Istimewa

    Foto 3

  • Foto: Istimewa

    Foto 4

Semarang - Pasang turbo, jadi salah satu cara ampuh untuk melakukan upgrade performa. Hal ini yang dilakukan oleh Novita Karsono, anggota SMC (Semarang Mirage Club) terhadap Mitsubishi Mirage tipe GLS bertransmisi manual miliknya.

Mengingat tergolong jarang sekali Mirage yang mesinnya dimodifikasi, maka pemasangan sistem induksi udara ini enggak bisa sembarangan.  “Pastinya urusan perangkat harus menyesuaikan dengan mesin Mirage yang hanya 1.200 cc dan 3 silinder,” ucap Budi dari workshop Autotech Jl. Puri Anjasmoro Semarang, Jateng.

Selain itu, dalam kondisi mesin standar juga enggak bisa dipaksakan dengan setingan yang maksimal.  Bisa rontok mesin Mirage kalau terlalu dipaksakan. Ini beberapa bekal bagi pengguna Mirage yang ingin pasang turbo. • Oct/otomotifnet.com 

1. Mesin Mirage yang 1.200 cc dan 3 silinder, jadi kuncian buat cari turbo yang sesuai
2. Setelah beberapa kali uji coba, akhirnya didapat kombinasi turbo dari Garrett dan HKS, yang sesuai dengan Mirage. “Sesuai dengan mesin,” ucap Budi singkat.
3. Boost turbo dipatok hanya pada angka 0,2 psi. “Pernah dicoba dengan 0,5 psi, hasilnya mesin standar jebol. Hal yang sama ketika sudah diganti piston dan kruk as,” jelas Budi.
4. Piping sudah pasti custom, dengan ukuran yang random. Masuk ke intercooler 1 inci, keluar turbo juga 1 inci dan untuk ke filter udara 1,5 inci.

EDITOR

Bagja

Top