Jumat,17 Juni 2016 08:30 WIB

Penulis: Advetorial

Tips Membeli Pelek Mobil untuk Mudik

Foto: MatahariMall

Tips membeli pelek mobil

Mengganti pelek standar yang ada merupakan salah satu cara paling ampuh dalam merubah tampilan mobil Anda. Akan tetapi, banyaknya velg di pasaran dengan berbagai ragam kualitas akan menyulitkan Anda ketika memilih. 

Apalagi banyak faktor yang menentukan pelek tersebut aman atau tidak. Berikut ini adalah beberapa tips membeli pelek mobil yang cocok untuk mudik anda.

Pelek yang dijual di pasaran memiliki banyak spesifikasi untuk berbagai kondisi. Maka dari itu Anda perlu menyocokkan spesifikasi pelek mobil Anda dengan pelek yang akan dibeli. Spesifikasi tersebut mulai dari lubang PCD, diameterpelek, lebar pelek, hingga lebar offset dari pelek mobil. 

Perhatikan Pitch Circle Diameter (PCD)
Lubang PCD sangat beragam, mulai dari 4x100, 5x100, 5x114, 5x120, hingga 6x139. Cara mendeteksi spesifikasi pelek mobil Anda sangatlah mudah. Caranya tinggal melihat informasi yang ditampilkan di sekitar pelek standar yang Anda miliki. 

Perhatikan Diameter Velg Mobil 
Ketika membeli pelek untuk tujuan modifikasi, biasanya kebanyakan orang akan membeli pelek dengan diameter yang lebih besar 1 hingga 2 inci dari ukuran standarnya. Selain untuk bentuk yang lebih keren, biasanya para modifikator akan merendahkan tinggi kendaraannya agar pelek tampak lebih manis. Namun sebaiknya jangan merendahkan tinggi mobil terlalu banyak karena akan membahayakan ketika bertemu jalan rusak

Perhatikan Lebar Velg Mobil
Selain PCD, perhatikan juga lebar pelek yang ada. Sebenarnya membeli pelek mobil yang lebih lebar 1,5 hingga 2 inci dari spesifikasi standar akan membantu kestabilan mobil ketika melakukan manuver. Akan tetapi, akibat dari memilih pelek yang terlalu lebar akan menambah beban kendaraan dan mempersempit gerak stir mobil Anda.

Ukur Offset Velg Mobil
Offset pelek merupakan ukuran jarak penampang pelek dengan bibir pelek mobil. Semakin kecil offset, maka pelek tersebut akan semakin keluar alias celong. Begitu pun sebaliknya, semakin besar offset, maka pelek akan semakin ke dalam dan mendekati fender bagian dalam mobil. 

Terlalu dekatnya pelek dengan fender bagian dalam, akan merusak v dan ban yang mengakibatkan kecelakaan. Maka sebaiknya memilih pelek dengan ukuran offset yang tidak jauh dari pelek bawaan pabrik.

Perhatikan Kondisi Velg (Jika Membeli Velg Bekas)
Kondisi pelek merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika membeli pelek bekas. Mulai dari kondisi cat pelek, bibir pelek, hingga seluruh bagian pelek mobil. Yang perlu dicegah adalah ketika membeli pelek yang sudah diservis. 

Selain tidak terdeteksinya kerusakan pelek, nantinya pelek tersebut akan kembali bermasalah karena elemen-elemen yang ada pada pelek sudah tidak 100% asli. Maka, sebaiknya membeli pelek dari penjual yang memiliki reputasi baik atau membeli pelek mobil baru 

Asli atau Replika?
Memilih pelek asli atau replika memang sudah menjadi perdebatan di kalangan pecinta mobil. Tentunya membeli pelek mobil original tetap merupakan pilihan terbaik karena memiliki kualitas pabrikan dengan fungsi pelek dan quality control berkualitas tinggi. 

Namun harga pelek mobil asli cenderung 2 hingga 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan pelek replika. Akan tetapi bukan berarti pelek asli tidak akan rusak. Tingkat keawetan pelek mobil tetap tergantung dengan penggunaan si pemilik. 

Kegiatan mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalan yang tidak mulus akan merusak pelek mobil, tidak perduli pelek tersebut standar pabrik, asli, ataupun replika. Sehingga pemilik kendaraan harus lebih telaten dalam membawa kendaraannya. 

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli pelek.Jika Anda tertarik untuk membeli pelek mobil berkualitas, ecommerce nomor satu MatahariMall.com bisa menjadi pilihan anda. 

Karena hanya MatahariMall.com yang menjual berbagai produk otomotif seperti pelek mobil berkualitas dengan harga terbaik. Saatnya merombak tampilan kendaraan Anda agar makin keren ketika lebaran nanti.

EDITOR

Bagja

Top