Kamis,6 Okt 2016 09:16 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Panduan Servis Rutin Astra Daihatsu Sigra 1.2, Lima Tahun Enggak Sampai Rp 7 Juta

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Busi milik mesin 3NR-VE sudah pakai iridium, sehingga baru diganti saat 100 ribu km, beda dengan Sigra 1.0 yang butuh ganti 30 ribu km sekali

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Filter oli seharga Rp 27 ribu, hanya perlu diganti setelah dua kali ganti oli

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Minyak rem DOT3 seharga Rp 27 ribu ini dibutuhkan dua botol setiap 40 ribu km

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Servis rutin 10 ribu km sekali, pakai spesifikasi oli Daihatsu Genuine Oil dengan SAE 0W-20 sebanyak 3,3 liter bila ditambah filter oli

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Oli transmisi otomatis tetap disarankan flushing setelah 60 ribu km

Kemunculan Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya sudah menandakan kelahiran MPV 7-seater dengan harga terjangkau. Namun seberapa terjangkau? 

Jakarta - Kali ini, OTOMOTIF akan menguraikan detail servis rutin dari Sigra 1.2 alias yang menggunakan mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc.  Dimulai dari biaya jasa, servis rutin Sigra di bengkel resmi Daihatsu tidak dikenakan labour fee hingga servis 50 ribu km. Ini tentu sangat memudahkan kepemilikan di awal. 

Bayangkan, hingga 50 ribu km, biaya servis yang dibutuhkan hanya Rp 2,13 juta loh atau sebanding dengan sekitar Rp 71 ribu per bulannya. Untuk biaya servis, Sigra 1.2 bertransmisi otomatis dan manual keduanya dikenakan angka yang sama, kecuali di 100 ribu km karena harus mengganti oli transmisi. 

“Sebenarnya menurut buku servis di 100 ribu km, tapi di bengkel lebih menyarankan untuk M/T setiap 40 ribu km dan A/T setiap 60 ribu km karena kondisi Jakarta yang macet, sehingga km yang ditempuh dengan putaran mesin tidak sinkron,” jelas Sanggra Ferdiana, Service Advisor Daihatsu Pondok Indah, Jaksel.

Untuk oli transmisi otomatis, dipakai ATF Dextron III sejumlah 2,2 liter jika hanya kuras parsial, 6 liter jika keseluruhan tanpa flushing, sedangkan bila dengan flushing mencapai 8 liter. 

Sedangkan transmisi manual hanya dibutuhkan oli M/T 1,5 liter. Soal biaya, Sigra 1.2 A/T sedikit lebih mahal di 100 ribu km yaitu Rp 1.585.280, Sigra 1.2 M/T sejumlah Rp 1.342.580.

Beberapa part pun memiliki waktu penggantian lebih lama. Engine coolant misalnya, kebanyakan varian Daihatsu perlu diganti setiap 40 ribu km sekali, sedangkan di Sigra setiap 60 ribu km. Pun juga dengan fuel filter yang baru diganti setelah 120 ribu km, karena persyaratan bahan bakar tinggi dengan RON minimal 92.

Untuk kampas rem, bagian yang akan lebih cepat diganti adalah kampas rem depan dengan harga sepasang Rp 485 ribu. Pengecekannya dilakukan setiap 10 ribu km, berbeda dengan sokbreker yang baru 20 ribu km sekali diperiksa.

Bila harus ganti, harganya pun termasuk terjangkau. Sokbreker belakang dibanderol Rp 380 ribu per buah, sedangkan yang depan Rp 630 ribu per buah. Sano/otomotifnet.com

Oli transmisi otomatis tetap disarankan flushing setelah 60 ribu km
Tabel

 

EDITOR

Bagja

Top