Jumat,11 Nov 2016 16:12 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Pasang Power Outlet di Kabin Belakang, Mudah Dengan Extender

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - Berlibur sekeluarga dengan mobil, power outlet atau sumber daya di kabin seakan kini jadi hal wajib untuk mengisi ulang baterai gadget masing-masing. Jelas kehadiran satu power outlet di depan saja sudah tak cukup lagi. Bahkan, mobil seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah mengerti kebutuhan ini dengan menyediakan ‘colokan’ tambahan di belakang.

Nah untuk mobil yang hanya punya satu, bagaimana dong? Tenang, OTOMOTIF punya trik untuk mengakalinya. Cukup menggunakan alat pengganda power outlet dan kabel extender, maka penumpang di baris kedua atau bahkan ketiga sekalipun. Namun bukan dengan metode konvensional yang perlu menarik kabel langsung ke sistem elektrikal bawaan.

“Menarik kabel, apalagi kalau langsung bypass ke aki sangat berbahaya. Kalau terjadi korsleting tidak ada perlindungan dari sekering,” jelas Victor Widiputra, Dosen Fakultas Tekniks Elektro Universitas Indonesia. Cara berikut cenderung lebih mudah, namun hasilnya tentu tidak akan serapi proses konvensional tadi dan akan lebih sulit untuk menyembunyikan untaian kabel extender.  Sano/otomotifnet.com

Berikut langkah-langkahnya:

1. Bisa menggunakan pengganda power outlet jenis apapun, namun sebagai contoh, kami menggunakan merek G-Power yang dibanderol Rp 130 ribuan. Desainnya cukup mendekati OEM look dan total dua cabang output power outlet dan satu USB Port 3,2 A.  Sedangkan untuk kabel extender, gunakan yang memiliki jenis male di ujung yang satu dan female di yang lainnya. Sebagai contoh, kami gunakan extender dari Mobicool dengan panjang 2,8 m dengan harga Rp 120 ribuan.

2. Hubungkan pengganda ke power outlet sumber, kemudian sambungkan bagian male extender ke salah satu output cabang. Dengan begini, fungsi sumber listrik di depan tetap tersedia sambil menyediakan sumber 12 V baru untuk di belakang.

3. Ini bagian yang tersulit. Agar untaian kabel tak terlihat, bisa menyembunyikannya dengan selotip di ujung panel. Lalu lewatkan via bagian bawah konsol tengah. Bila ingin membuat cabang di tengah atau lewatkan bagian bawah pintu jika ingin menarik hingga ke baris ketiga.

4. Sedangkan di ujungnya, port female bisa disembunyikan dengan melubangi dudukan beludru di bawah konsol tengah atau bila ingin lebih ekstrem lagi, bisa membor panel plastik agar terlihat lebih genuine. Selamat mencoba!

EDITOR

Bagja

Top