Jumat,26 Agust 2016 09:16 WIB

Penulis: otomotifnet

Tips Setting Wiper All New Nissan X-Trail, Untuk Cuci Mobil Jangan Langsung Diangkat

  • Foto: sano/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: sano/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: sano/otomotifnet

    Foto 3

Jakarta - Sudah jadi kewajiban untuk mengangkat kedua batang wiper saat mencuci. Namun beberapa mobil memiliki bentuk kap mesin memanjang, hingga menutupi ujung bawah wiper depan. Contohnya, bisa dilihat di All New Audi Q7, A4 dan yang lebih umum, All New Nissan X-Trail.

Kalau ketemu yang seperti ini, harus bagaimana? Yang jelas, kedua wiper jangan langsung diangkat, apalagi secara paksa. “Bisa membuat lecet besar di kap mesin. Pernah kasus serupa di Range Rover Evoque yang wiper-nya juga tersangkut kap mesin,” tutur Mikhael Evert, owner gerai detailing Schone Auto sekaligus All New Nissan X-Trail 2.5 CVT keluaran tahun 2016. Lalu, bagaimana caranya?  Berikut langkahnya:

1. Pastikan mesin dalam keadaan mati sembari tetap mengantungi smart key. Lalu tanpa menginjak pedal rem, tekan tombol start/stop engine 2 kali, hingga mesin dalam keadaan ACC. Penting, langkah selanjutnya butuh mobil dalam keadaan tersebut, bukan dengan mesin menyala.
2. Naikkan tuas wiper yang ada di sebelah kiri setir sebanyak dua kali dalam interval yang cepat, maka wiper akan naik ke posisi puncak, namun tidak kembali lagi ke bawah. Setelah ini, wiper bisa diangkat secara manual untuk mengelap bersih kaca depan mobil setelah cuci mobil
3. Bila sudah selesai, turunkan wiper agar kembali menempel permukaan kaca. Masih dalam keadaan ACC, kembali naikkan tuas wiper dua kali dalam interval yang cepat. Wiper pun akan kembali ke posisi default dan kembali bisa dioperasikan secara normal.

Schone Auto: 0873-8060 5814

EDITOR

Bagja

Top