Kamis,1 Okt 2015 18:03 WIB

Penulis: bagja otomobil

10 Mobil Diesel Modern Tantang Kualitas Pertamina Dex

Foto: Salim

10 Mobil Diesel Modern Tantang Kualitas Pertamina Dex


Jakarta - Mengaku diesel freak? Tapi masih ragu mobil diesel kesayangannya meneguk solar spek tinggi sekelas Pertamina Dex? OTOMOTIF Diesel Day 2015 bakal memberi semua jawabannya! 10 mobil diesel modern siap menantang kualitas Pertamina Dex.

Kami pilih 10 mobil diesel yang saat ini dipasarkan di Tanah Air secara random, baik yang sudah beredar beberapa tahun sampai yang masih gress. Harapannya bisa menjadi simulasi masyarakat pengguna mobil diesel dengan pilihan bahan bakar yang sama, Pertamina Dex. Sehingga, solar kelas atas dari Pertamina ini harus bisa meladeni semua merek dan jenis mobil diesel yang dipasarkan di Tanah Air.

Mulai dari Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Triton, Toyota Fortuner, sampai si bongsor Hyundai H1 CRDi. Hyundai Santa Fe CRDi dan KIA Sorento CRDi pun dilibatkan. Bahkan, Jeep Wrangler CRDi juga ikutan penasaran. Belum lagi paling gress, KIA Sportage Diesel! Sedangkan Isuzu Mu-X punya tugas di wilayah Timur, lokasi kedua OTOMOTIF Diesel Day 2015, yakni kawasan Gunung Bromo.

Semua mobil tersebut mesin dieselnya sudah dilengkapi dengan teknologi Common-rail, sehingga agar kinerjanya makin optimal baiknya juga menggunakan solar yang spesial, sekelas Pertamina Dex, yang katanya cocok untuk mesin diesel modern. 

Tekanan bahan bakar pada sistem berteknologi Common-rail berkisar 1.600 - 1.800 bar. Bandingkan dengan mesin diesel konvensional yang hanya mencapai 700 bar.Jadi butuh cetane number yang tinggi, dan itu didapat pada Pertamina Dex yang punya cetane number sebesar 53.

Kandungan sulfur juga harus rendah, biar injektor enggak mampet, sekaligus tetap ramah lingkungan. Kandungan Sulfur Pertamina Dex terendah di Indonesia lho, dengan maksimal 300 ppm). Belum lagi aditif lainnya yang terkandung, menjaga kualitas solar dan mesin diesel itu sendiri.

Nah, itukan secara teori, karenanya OTOMOTIF Diesel Day 2015 tahun ini akan menjadi ajang 10 mobil diesel modern menantang kualitas solar Pertamina Dex. Dua lokasi sekaligus lho, kawasan Cikole Lembang Jawa Barat dan Gunung Bromo di Malang Jawa Timur.

"Goal utamanya Diesel for future. Eropa udah sebagian besar diesel. Indonesia harus sudah mulai memikirkan itu. Soal kualitas solar yang sering dikeluhkan, makanya ada Pertamina Dex," ujar Rio Fajar Redaktur Teknik R4 OTOMOTIF. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top