Selasa,28 Juni 2016 12:30 WIB

Penulis: Bagja

85% Volume Produksi Vios Disebar untuk Pasar Global

Foto: TMMIN

Ekspor Toyota Vios

Jakarta – Toyota Vios semakin diminati masyarakat global. Meski di Indonesia pasar sedan kurang diminati, namun ribuan unit Toyota Vios terus dikirmkan ke masyarakat global oleh Toyota Motor manufacturing Indonesia (TMMIN).

Dari total volume produksi Vios, sebanyak 15% diserap pasar domestik sedangkan selebihnya yaitu 85% diekspor ke 13 negara di dunia. 

Vios mulai diproduksi di dalam negeri sejak bulan Desember 2013. Fasilitas produksi TMMIN Karawang 2 di kawasan industri Karawang International Industrial City (KIIC), Jawa Barat adalah lokasi manufaktur model sedan yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri 60% ini. 

Hanya berselang beberapa bulan setelahnya, Vios langsung diekspor ke negara-negara di kawasan Asia dan Timur Tengah pada bulan Maret 2014 dengan volume sekitar 1.500 unit per bulan. 

Secara bertahap volume ekspor Vios meningkat hingga mencapai 3.500 unit per bulan. Hingga kini, Vios menjadi sedan pertama buatan Indonesia yang berhasil diekspor secara berkelanjutan dalam jumlah signifikan.

Sejak pertama kali diproduksi, pabrik TMMIN Karawang 2 telah menghasilkan sebanyak 110.500 unit Vios. Dari keseluruhan volume tersebut, sebanyak 93.900 unit diekspor ke mancanegara, sedangkan sebanyak 16.600 unit diserap pasar domestik. 

“Ekspor Vios adalah bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi untuk memenangkan kompetisi yang semakin kompetitif di era perdagangan bebas ini,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

EDITOR

Bagja

Top