Senin,21 Maret 2016 12:30 WIB

Penulis: Harryt MR

Bincang Dengan Gubernur DKI

Ahok: Pabrikan Mobil Boleh Nge-KIR ‘Zombie’

Foto: Harryt

Ahok di kediamannya di PIK, Jakut (20/3),

Buntut dari permainan para oknum di balai uji KIR yang meluluskan kendaraan angkutan tak layak jalan membuat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, geram melihat tingkah para anak buahnya.

Tak habis akal, Ahok berniat mengizinkan para Agen Pemegang Merek (APM) atau pabrikan mobil untuk memiliki fasilitas uji KIR.

Hal ini juga nantinya bisa digunakan sebagai standar kelaikan jalan mobil penumpang yang usianya akan dibatasi dengan ketentuan khusus.

"Percuma banyak permainan oknum KIR. Nah, kalau APM yang 'main' kan enggak mungkin. Masa mau mobil keluarannya memiliki standar kelaikan jalan yang buruk," ucap Ahok, saat wawancara eksklusif dengan OTOMOTIFNET di kediamannya (20/03).

Namun proses panjang untuk mewujudkan hal ini masih harus menunggu peremajaan angkutan umum di Jakarta.

"Iya jangan sekarang. Karena angkot kita 70 persen usianya diatas 10 tahun. Malu kita, kalau dilihat orang tuh 'zombie' masih jalan terus," ujar Ahok terkekeh.

Aturan pengujian KIR yang dapat dikelola oleh APM ini rencananya akan dilakukan pada 2019, bersamaan dengan pembatasan usia kendaraan di DKI Jakarta.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top