Minggu,30 Agust 2015 16:06 WIB

Penulis: pewete pewete

Aksesori Aftermarket Mobil, Banyak yang Bisa Dibeli

Foto: Rian, Istimewa

Aksesori Aftermarket Mobil, Banyak yang Bisa Dibeli

Mulai dari pernak-pernik bodi hingga komponen mesin

Jakarta - Pada ajang pameran otomotif nasional yang masih berlangsung saat ini. Jangan hanya melihat mobil saja. Coba keliling deh, banyak part aftermarket yang bisa meningkatkan kenyamanan mobil kesayangan loh. Mulai dari pelipat spion otomatis, konverter kit untuk bahan bakar gas hingga aksesori mungil lainnya yang rata-rata pemasangannya plug and play.

Enak kan, enggak nyusahin deh kalau mau pasang. Nih beberapa di antaranya. • (otomotifnet.com)




Driving Recorder Garmin GDR45

Alat yang bentuknya menyerupai extreme cam ini memiliki fitur yang dapat digunakan sepanjang perjalanan, khususnya untuk kendaraan roda 4. Driving cam/dashboard cam ini dapat dipasang pada dasbor atau ditempel di kaca menggunakan bracket. Kameranya bisa merekam dengan menghasilkan kualitas video full HD 1080, lensa kameranya 120 derajat wide angle dan memiliki aperture F2.0.



Di samping kualitas kamera yang canggih, terdapat fitur yang berguna saat perjalanan, salah satunya Front Collision Warning System (FCWS). Fitur tersebut bekerja dengan GPS, akan memberi suara warning ketika jarak mobil di depan sangat dekat.

Adapun fitur untuk merekam saat mobil di parkiran. Ketika kita mematikan mesin, baterai bawaan akan bekerja selama 1 jam. Fungsinya bisa mengetahui bila ada yang nabrak saat parkir atau maling. Hasil rekaman hanya bisa dilihat di komputer pribadi. Harganya sekitar Rp 2,5-3 juta.

Garmin Center: 021-666 76 529/021-4912 3001





Variasi Pasang DRL

Bagi yang tunggangannya belum dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL), jangan berkecil hati. Karena toko Dunia Variasi memiliki solusinya. Mencetak dari bentuk asli dudukan fog lamp depan, tapi didesain ulang dan ditambah DRL. Untuk pemasangannya sangat mudah dan enggak memakan waktu banyak. Hanya dengan mencopot cover fog lamp bawaan, lalu ganti dengan produk ini. Untuk menebusnya siapkan uang sebanyak Rp 1,75 juta.

Dunia Variasi: 021-3483 2346/0812-93936132




Fuel Booster Stealth Performance

Fuel booster model terbaru ini adalah sebuah inovasi hasil karya Stealth Performance. Fungsinya untuk meningkatkan kualitas bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar. Bentuknya seperti tabung berdimensi enggak jauh beda dengan slang bensin.

Cara kerjanya saat bensin keluar dari pompa menuju ruang bakar akan melewati produk tersebut. Efeknya konsumsi bensin lebih irit karena bensin yang masuk ke ruang bakar, bersih setelah melewati fuel booster tersebut. Jika ingin membelinya siapkan uang sebanyak Rp 2,5 juta.

Dynamics Auto Sound: 021-70505252/0816-371337



Lampu Angel Eyes AES


Kalau mau ikut tren lampu model angel eyes, bisa pasang versi custom nih. Namun jangan takut dulu, ini sifat pemasangannya tinggal plug and play. Dipasang di dudukan reflektor asli bawaan lampu standar. Jadi enggak ngerusak reflektor.




Tersedia empat pilihan model, yakni: AES G1, AES S1, AES X1 dan AES X1C. Perbedaan antara tipe hanya pada bentuk proyektor lampu. Untuk sepasang proyektor berikut HID, dijual dengan harga Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.



Bull AES: 0812-86868673/0812-12671828




Bumper Off-Road Dunia Variasi

Supaya lebih gagah, sering terlihat kendaraan jenis SUV dan double cabin (Toyota Fortuner, Hilux, Isuzu D-Max atau Mitsubishi Pajero Sport) bergaya off-road dengan mengganti bumper depan standarnya dengan bahan besi baja.

Selain untuk gaya, bumper tersebut bisa digunakan untuk penempatan winch dan lampu tembak. Pemasangannya bersifat plug and play, mengandalkan dudukan bawaan. Jadi enggak ngerusak bumper asli. Untuk bentuknya dapat dipesan sesuai selera masing-masing atau beli yang ready stock. Biayanya berkisar Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.



Konverter Bahan Bakar Gas Versus Auto Gas Equipment

Bagi yang merasa konsumsi bensinnya boros, mungkin bisa mencoba produk buatan Polandia ini. Namanya Versus, ini adalah converter gas yang dipasang ke mesin tanpa ubahan sedikit pun. "Sifat pemasangannya plug and play," ujar Bari Setiadi, pemilik PT. Bahana Selaras.



Hanya dengan cara memasang injektor tambahan ke intake bawaan. Proses pemasangannya hanya membutuhkan waktu satu hari. Bahan bakar yang dibutuhkan adalah Pertamina ViGas. Ketika sistem gas diaktifkan melalui switch, bahan bakar bensin akan distop. Di sini giliran ViGas yang menyemburk ke ruang bakar melalui reducer.



Nilai RON yang dihasilkan mencapai 98. Kelebihan lainnya, harga ViGas enggak semahal bahan bakar lainnya, yakni Rp 5.100 per liter setara Premium. semahal bahan bakar lainnya, setara dengan Premium. "Performa mesin menjadi lebih enak dan mesin lebih bersih," tambah Bari. Bagi yang ingin mencoba memasang pada tunggangan pribadinya, siap-siap untuk merogoh kocek sebanyak Rp 15 juta.

PT. Energi Bersih Indonesia: 021-8792 8887




Retracable Mirror Kit SHM Shigeru Genuine


Retractable mirror kit buatan SHM Shigeru merupakan sistem tambahan yang berfungsi untuk melipat dan membuka spion secara otomatis. Pemasangannya sesuai spesifikasi dan dengan bahan standar pabrikan (OEM).

Memasangnya sangat mudah, tapi mesti bongkar batok bawaan mobil, lalu ganti dengan produk SHM ini. "Pemasangan enggak perlu merusak bagian standar, jadi plug and play," ujar Aditia Rahman Insan Kamil, pemilik PT. Aditia Adiyasa Anugrah.

Saat membeli retractable mirror kit ini sudah mendapat switch untuk membuka-tutup spion beserta kabel-kabel instalasi dan modul yang tersambung dengan sistem alarm. Menariknya SHM Shigeru retractable mirror kit menjual untuk mobil-mobil baru seperti Grand New Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan All New Grand Livina. Harga yang ditawarkan Rp 1,5 juta hingga Rp 1,6 juta.

SHM Shigeru: 021-2984 1685


EDITOR

Otomotifnet

Top