Sabtu,7 Jan 2017 19:36 WIB

Penulis: otomotifnet

Aksesori Calya-Sigra barangnya Sama, Bisa Dipakai Berdua

  • Foto: octa/otomotifnet

    Satu set door handle chrome bikin tampilan Calsig kian oke

  • Foto: octa/otomotifnet

    Door handle chrome Calya bisa diaplikasikan di Sigra

  • Foto: octa/otomotifnet

    Rear camera bikin Calsig aman di saat parkir

  • Foto: octa/otomotifnet

    Spoiler belakang Calya makin cantik diimbuhi bawaannya Sigra

  • Foto: octa/otomotifnet

    Tak susah memasangkan rear spoiler di Calya sudah ada dudukannya

  • Foto: octa/otomotifnet

    Rear spoiler jadi standar bawaan Daihatsu Sigra R dan Deluxe

Jakarta - Selang beberapa bulan banyak pemilik mobil baru nan populer ini menginginkan adanya pembeda dari Toyota Calya- Daihatsu Sigra milik mereka. Nah, salah satu cara untuk tampil beda tentu dengan menambah kelengkapan atau aksesori.

Aksesori Toyota Calya-Daihatsu Sigra ini memang belum begitu banyak populasinya, terutama barang aftermarketnya di pasaran yang masih jarang produk alternatifnya. Hal itu dimaklumi mengingat unit Calya-Sigra yang dipasarkan sendiri pemesanannya masih inden.

Konsumen tidak langsung mendapatkan unit dalam waktu cepat melainkan ada tenggang beberapa lama untuk delivery-nya. Kondisi itu berdampak pada suplai aksesori di pasaran, hal itu pun terjadi untuk aksesori genuine pabrikan (OEM).

“Dari katalog genuine accessories-nya tentu sudah dipersiapkan. Namun bila barang dan stoknya sendiri masih jarang. Dan lagi pesanan unit Sigranya sendiri masih antre alias inden. Jadi konsumen masih terpikir mendapatkannya dulu ketimbang berpikir menambah atau mempercantik mobilnya,” terang Dolf Valentino sebagai Kepala Bengkel Daihatsu Astra International Pangeran Jayakarta, Jakarta.

Jadi bila unit kendaraannya sudah konsumen terima dan rasakan. Baru kemudian terlintas untuk mempercantiknya.

Hal serupa juga diutarakan pihak Auto2000 yang menjelaskan kondisi konsumen harus menunggu untuk mendapatkan unitnya. Meskipun dari flyer perihal aksesori Toyota Calya sudah di gerai Auto2000 sudah dipasarkan, seperti door handle chrome, side visor (talang air), rear camera parking, sensor samping dan lainnya. Jenis dan pilihan aksesori Toyota Calya-Daihatsu Sigra sejauh ini memang belum banyak ubahan dan pilihannya.

Cara Subtitusi

Nah, bagi yang memang sudah ingin mempercantik Toyota Calya-Daihatsu Sigra-nya bisa mengaplikasi sistem substitusi barang aksesori masing-masing untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Salah satu yang mungkin bisa dilakukan adalah spoiler belakang Toyota Calya yang minimalis. Coba bandingkan dengan Daihatsu Sigra yang lebih manis. “Standar untuk spoiler belakang Calya dan Sigra memang seperti jenong begitu. Tetapi di Sigra ditambahi aksesori rear spoiler sehingga lebih manis tampilannya,” imbuh Dolf Valentino.

Lalu bisa atau tidak spoiler Daihatsu Sigra itu, dipasang di Toyota Calya? Tentu saja bisa. Namun memang rear spoiler itu kan genuine acccessorie-nya Daihatsu Sigra jadi pemilik Toyota Cayla harus membelinya di dealer resmi Daihatsu.

Rear spoiler belakang Daihatsu Sigra sejauh ini belum terlihat di pasar aftermarket dan baru dilego di dealer resmi Daihatsu. Sebaliknya, beberapa genuine accessories Toyota Calya bisa juga diinstalasikan di Daihatsu Sigra. Bisa jadi metode substitusi atau pasang silang produk Toyota Calya di Daihatsu Sigra dan begitu sebaliknya boleh jadi salah satu alternatif pilihan menjadikan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kian apik tampilannya.

Namun bila ingin menggunakan genuine accessorie Toyota Calya dan Daihatsu Sigra kemungkinan baru tersedia komplet di 2017 mendatang. Nah, jadi harap bersabar ya. • JLM/otomotifnet.com

List Genuine Accessorie CalSig

Toyota Calya

Side visor (talang air)
Door handle chrome
Adui double DIN
Rear parking camera
Corner censor
Floor mat
Cargo net

Daihatsu Sigra

Floor Mat
Side visor
Spoiler belakang
Side censor
Audio double DIN
Wheel Cap R14
Chrome fog lamp
Front grille cover
Chrome window graphic
Muffler cutter
Chrome backdoor garnish
Cargo net

EDITOR

toncil

Top