Rabu,18 Nov 2015 10:03 WIB

Penulis: pewete pewete

All New Honda Clarity si Pesaing Toyota Miraii

Foto: OD

All New Honda Clarity si Pesaing Toyota Miraii



Tokyo
- Pabrikan mobil Jepang punya kerja sama erat dengan pemerintah dan sesama perusahaan.Tidak terkecuali Honda yang melepas kloter pertama Clarity Fuel Cell ke institusi pemerintah dan partner bisnis di Negeri Matahari Terbit sebelum dijual ke masyarakat umum dan dunia.

“Clarity akan dijual Maret 2016,” tukas Takahiro Hachigo, CEO & Representative Directors Honda Motor Co., Ltd. saat pidato pembukaan booth Honda di 44th Tokyo Motor Show (28/10) di Tokyo Big Sight, Jepang.



Mesin berbahan bakar Fuel cell mengecil, kabin jadi bisa dimuati lima penumpang

UMPANBALIK

Bukan sekadar mendukung program ramah lingkungan, lembaga pemerintah dan swasta memegang peranan penting dalam memberikan umpan balik produk pabrikan. “Segala situasi di pasar terbatas ini dikumpulkan. Termasuk penggunaan alat penyuplai tenaga eksternal,” sebut rilis resmi Honda Motor Co., Ltd.

Rentang waktu penjualan terbatas ini kira-kira setahunpasca-Maret 2016. Setelahnya baru dijual bebas, termasuk Amerika Serikat dan Eropa. Faktanya, all-new Clarity Fuel Cell adalah kelanjutan dari proyek FCV (Fuel Cell Vehicle) yang dirintis sejak akhir 1980-an.



Tahun 2002, Honda FCX jadi mobil berbasis fuel cell pertama di dunia yang disertifikasi Environmental Protection Agency (EPA) dan California Air Resources Board (CARB) yang berbasis di Amerika Serikat. Bermodal sertifikat ini, Honda jadipabrikanpertama yang menjual Honda FCX di Jepang dan AmerikaSerikat.

Guna melanjutkan kisah pro ramah lingkungan ini, all new Clarity memproklamirkan World Premiere di 44th Tokyo Motor Show. Sejumlah inovasi disandang agar layak tampil mendunia.Pertama ukuran fuel cell mengerut hingga 33% jika dibanding tipe terdahulu.



Konsumsi BBM versi Jepang. 21,2-24,2 km/liter

Namun, meski ukuran mengecil, output-nya bertambah di atas 100 kW. Termasuk densitas output yang 3,1 kW/L. Angka segitu mendekati 60% perubahan yang dicapai. Mesin fuel cell-nya sendiri dibuat sekompak mesin V6 yang ringkas.

Efek ringkas ini jugalah yang memungkinkan mesin fuel cell –untuk pertama kalinya di dunia- ditempatkan di bawah kap mesin. Berkah lainnya, kabin penumpang jadi lebih lega dan nyaman buat dimuati lima penumpang dewasa.



Harga di Jepang 7,66 juta Yen, sekitar Rp 873.240.000 (termasuk pajak konsumsi/kurs Rp.114/Yen)

Ngomong-ngomong, Clarity ini bisa menempuh jarak berapa km ya kalau diisi hidrogen full tank? Kalau 70 MPa tangki hidrogen bertekanan tinggi diisipenuh, klaim Honda, bisa diajak jalan-jalan hingga 700 km. Pengisian tangkinya sendiri hanya butuh waktu tiga menit.

Asyiknya lagi, Clarity dilengkapi modul pengisi daya eksternal-semacam generator-berjuluk Power Exporter 9000. Dalam kondisi darurat, seperti bencana alam, Clarity ibarat pembangkit listrik mobile karena bisa menyuplai listrik untuk kebutuhan rumah tangga atau komunita. Genset mewah nih! • (otomotifnet.com)


Clarity sedang dicharge. Hidrogen full bisa sampai 700 km



EDITOR

Otomotifnet

Top