Jumat,20 Mei 2016 11:14 WIB

Penulis: otomotifnet

All New Toyota Kijang Innova Q, All New Sienta dan Grand New Veloz, Pilih Mana Ya?

  • Foto: octa/otomotifnet

    All New Sienta

  • Foto: octa/otomotifnet

    “Dibandingkan dengan All New Kijang Innova, All New Sienta kalah fitur dan performa mesin. Tapi kalau dibandingkan dengan Grand New Veloz, Sienta memiliki kelebihan di bagian fitur keselamatan berkendara,” kata Suichi Ishii

Hadir sebagai kendaraan keluarga, All New Sienta mau tidak mau bikin calon konsumen bingung saat hendak memilih.

Jakarta - Calon konsumen kendaraan 7 penumpang berlabel Toyota, saat ini diberikan 1 lagi pilihan kendaraan. Ada All New Sienta yang bisa mengganggu keputusan untuk memilih All New Toyota Kijang Innova atau Grand New Toyota Veloz. Pas diajak PT Toyota Astra Motor ke Bandung mengikuti roadshow Sienta (4/5). Sekalian deh pilah-pilah dan membandingkan, kira-kira mau pilih yang mana sebagai kendaraan keluarga? Mari bedah satu per satu.• (otomotifnet)/oct

All New Kijang Innova tipe Q (Bensin)

Mesinnya menggunakan 1TR-FE, 4 silinder segaris berkapasitas 1.998 cc, dengan dual VVT-I, bertransmisi otomatis 6 percepatan. Tenaga maksimum 137 dk/5.600 rpm dan torsi maskimum 183,3 Nm/4.000 rpm. Generasi Kijang terbaru ini memiliki superior safety airbag. Saat terjadi kecelakaan, airbag akan mengembang di bagian depan, baik pengemudi maupun penumpang, juga sisi lutut (all varian). Sedangkan pada tipe Q, ada curtain shield airbag dan juga side airbag.

Bagian interiornya, terbilang mewah buat MPV yang kini dibanderol Rp 391,2 juta. Head unit berlayar sentuh 8 inci untuk tipe Q dengan banyaknya fitur. Desain spidometer baru dengan indikator yang mudah dibaca. Fiturnya juga lengkap, salah satunya MID yang bisa diseting untuk membaca biaya pemakaian bahan bakar yang dikeluarkan.

All New Sienta

Kendaraan yang disebut sebagai Multi Activity Vehicle ini, menggendong mesin berkapasitas 1.497 cc. Kode mesin yang dipakai 2NR-FE, 4 silinder segaris, 16 klep, DOHC dan dual VVY-i. Sama dengan saudaranya, Avanza namun konfigurasinya untuk penggerak depan. Performa maksimum yang bisa dihasilkan 105 dk/6.000 rpm. Sementara torsi maksimum yang bisa dikail 140,2 Nm/4.200 rpm. Transmisinya pakai CVT 7 percepatan, plus ada mode sport sequential shiftmatic.

Fitur safety yang ada, meliputi dual SRS airbag dan knee airbag pada sisi pengemudi. All New Sienta juga dilengkapi dengan hill start assist control (tipe Q). Salah satu yang jadi andalan di eksterior adalah penggunaan sliding door. Buka tutupnya bisa pakai tombol yang ada di dasbor atau remote.

“Dibandingkan dengan All New Kijang Innova, All New Sienta kalah fitur dan performa mesin. Tapi kalau dibandingkan dengan Grand New Veloz, Sienta memiliki kelebihan di bagian fitur keselamatan berkendara,” kata Suichi Ishii, Senior Managing Executive Coordinator PT Toyota Astra Motor.

Grand New Toyota Veloz

Sedikit beda, kode mesin yang dipakai adalah 2NR-VE. Huruf VE di belakang, artinya mesin ini sharing alias dipakai barengan dengan pabrikan lain, yakni Daihatsu. Airbag pada Grand New Veloz adanya di bagian depan pengemudi dan penumpang. Dengan side impact beam, penumpang dan pengemudi bisa terlindungi dari tabrakan dari samping. MPV keluarga ini dilengkapi head unit 6,1 inci touch screen. Fiturnya terdiri dari pemutar CD, DVD, AM/FM, AUX, USB, Bluetooth dan iPod ready.

 

EDITOR

Bagja

Top