Rabu,8 Juni 2016 08:30 WIB

Penulis: Pilot

OTOMOTIF Traveling

Asyiknya 'Mendaki' Gunung Kelud Pakai Mobil Atau Motor

Foto: Tim OTOMOTIF

Jalanan mulus dan berliku, asyik buat yang suka berkendara

Kediri - Buat penyuka traveling pasti kenal dengan nama Gunung Kelud yang berlokasi di wilayah perbatasan antara Kediri, Blitar dan Malang. Untuk mencapai gunung berapi aktif ini memang lebih mudah dari Kediri, jaraknya sekitar 27 km.

Jika berkendara dengan menggunakan mobil bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Rutenya menarik, karena kombinasi tanjakan dan jalan yang berliku. Harus sedikit waspada karena treknya juga sempit. Untuk masuk wilayah Gunung Kelud, setiap traveler harus membayar Rp 5.000 per orang.

Gunung Kelud
Naik ke atas harus jalan kaki sekitar 2 km

Keunikan gunung yang meletus pada tahun 2014 lalu ini adalah bisa didaki dengan menggunakan kendaraan. Bahkan sebelum meletus mobil bisa parkir hampir mendekati kawah. Sayangnya akibat meletus, kondisi tanah yang biasa buat parkir masih dalam perbaikan akibat longsor.

“Sehingga pengunjung yang menggunakan mobil hanya boleh parkir di bawah sini. Dan bisa melanjutkan perjalanan  dengan menggunakan ojek ke atas yang jaraknya sekitar 2 - 3 km. Ongkosnya Rp 30 ribu PP,” ujar Sugiyanto, salah seorang pengojek yang menemani OTOMOTIF Traveling.

Gunung Kelud
Mau pakai ojek juga tersdia

Buat pengguna sepeda motor sedikit lebih beruntung karena bisa naik hingga mendekati puncak. Tetapi tetap harus berjalan kaki sekitar 500 meter menuju puncak. “Karena kondisi jalan yang rawan longsor,” tambah Sugiyanto.

Lokasi Gunung Kelud

EDITOR

Pilot

Top