Minggu,8 Mei 2016 13:00 WIB

Penulis: billy

Asyiknya Traveling Dengan Big Van

Foto: Billy

Asiknya liburan pakai big van

Yogyakarta - Liburan keluar kota mengajak keluarga, berjumlah 8 orang misalnya, kapasitas mobil pasti jadi kendala. Mau naik mid  MPV sekelas Toyota Kijang Innova pasti langsung sesak. 

Meski tak semua anggota keluarga dewasa, pastinya juga tak nyaman buat si kecil. Sementara pilihan kombinasi dengan menggunakan dua mobil juga kurang praktis. 

Nah bagaimana dengan pilihan menggunakan big Van, seperti Toyota Hiace atau Hyundai H-1? Ternyata asyik loh!

Pesona Toyota Hiace tak jauh dari kapasitas angkutnya yang bisa mencapai 16 orang.  Dimuati penumpang sekian banyak masih tergolong nyaman. Namun untuk jalan jauh, sebaiknya tak diisi penuh. 

Coba dikombinasikan, misalnya cukup 9 orang dan area kabin belakang buat taruh barang. Hiace banyak dipilih beberapa perusahaan transportasi dan jadi andalan rental. Harga sewanya berkisar Rp 1-1,5 juta perhari, diluar biaya tol dan makan driver. 

Untuk luar kota ada perhitungan tambahan seperti BBM diesel dan penginapan driver. Mesin diesel 2.500 cc 2 KD FTV cukup baik performanya untuk membawa beban.

Pilihan lain adalah Hyundai H1 lansiran PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI). Ketimbang Hiace yang lebih banyak untuk rental, maka H1 lebih banyak dimiliki pribadi. Tersedia tipe bermesin bensin Theta II 2.400 cc dan diesel 2.500 CRDI dengan VGT (Variable Geometri Turbo). 

Hyundai H1
H1 punya konfigurasi seater yakni Elegance dengan 12 seat, XG 9 seat dan Royale 8 seat

Menilik kapasitas penumpang, H1 punya konfigurasi seater yakni Elegance dengan 12 seat, XG 9 seat dan  Royale 8 seat dengan jenis kursi elektris yang mewah.

Seperti yang pernah OTOMOTIFNET coba dalam MPV world, yakni H1 XG dan Royale. Perjalanan jauh seperti Jakarta - Yogyakarta atau Jakarta - Guci, Tegal bisa lebih nyaman tanpa keletihan berlebih. 

Pengaturan jok juga baik dengan pertimbangan headroom dan legroom yang luas, sangat disukai penumpang dewasa. Begitu juga dengan kabin luas yang membuat akses mondar-mandir sangat mudah.

EDITOR

Bagja

Top