Selasa,22 Des 2015 19:00 WIB

Penulis: toncil

Ayo Ikut Tertibkan Jakarta!

Foto: Bob

Pakai aplikasi qlue untuk melaporkan kondisi Jakarta

Jakarta - Sebagai warga Kota Jakarta, pasti anda merasa jengkel dengan segala permasalahan yang ada. Mulai kemacetan, kebersihan, ketertiban, dan permasalahan-permasalahan lain yang jika disebutkan satu-satu tidak akan ada habisnya. Dalam mengekpresikan keluh kesah terhadap permasalahan tersebut, mayoritas warga Jakarta berpaling kepada media sosial.

Perilaku ini sebenarnya merupakan suatu bentuk kepedulian masyarakat, hanya saja salah sasaran dan percuma karena tidak didengar oleh pihak yang mempunyai kapasitas mengatasi masalah-masalah tersebut. Dalam hal ini pihak yang dimaksud adalah pemerintah daerah dan SKPD terkait.  Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara yang dapat mengarahkan kepedulian masyarakat ini, agar kepedulian ini bisa berubah menjadi suatu aksi yang nyata.

Untungnya kini media yang dibutuhkan untuk mengarahkan kepedulian masyarakat tersebut sudah tersedia, yaitu aplikasi qlue. Aplikasi ini berguna untuk menampung segala keluhan masyarakat Jakarta. Yang nantinya akan dimonitor langsung oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta beserta SKPD terkait agar dapat segera dilakukan penindakan. Ini merupakan salah satu bagian dari gerakan Jakarta Smart City, yang bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membuat Jakarta menjadi kota yang lebih baik, serta peningkatan pelayanan dari sisi pemerintah. 

Menurut Ivan Tigana, selaku VP Marketing qlue, “Dengan penggunaan teknologi aplikasi ini, masyarakat dapat berpartisipasi dalam menjaga Jakarta, karena setiap keluhan yang disampaikan  pengguna qlue dapat berbuah aspirasi dan mendapat tindak lanjut oleh pemerintah secara langsung, yang selama ini didambakan oleh masyarakat kota,“ jelas Ivan yang ditemui pada acara “Inisiatif #BERANIBERUBAH”,  di Balai Kota Jakarta pada Sabtu (19/12).

Keluhan yang dapat disampaikan masyarakat, bisa berupa apa saja. Salah satu contohnya disampaikan oleh pemerhati Ibu Kota Daniel Geovanni, “Saya pernah melaporkan tentang kemacetan yang disebabkan kumpulan bajaj yang ngetem sembarangan di daerah Pasar Baru ke qlue. Seminggu kemudian, keluhan saya direspon dengan adanya pengusiran kumpulan Bajaj ngetem oleh Dishub,” pungkas Daniel yang juga akrab disebut Qronoz di media sosial. 

Bagaimana, tertarik untuk ikut membuat Jakarta menjadi tempat yang lebih baik? Caranya, tinggal download aplikasi ini di Google Play Store bagi pengguna smartphone Android atau Apple App Store bagi pengguna iPhone. Bob. (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

toncil

Top