Rabu,26 Okt 2016 18:30 WIB

Penulis: toncil

OTOMOTIF Choice Award 2016

Ayong Jeo Peraih Lifetime Achievement OCA 2016 Memulai Dari Kios Kecil

Foto: Rianto

Ayong Jeo dinobatkan sebagai lifetime achievement di gelaran OCA 2016

Jakarta – OTOMOTIF choice award (OCA) 2016, menobatkan Ayong Jeo peraih Lifetime Achievement OCA 2016. 

Pria berusia 56 tahun ini berhasil membangun bisnis dibidang car audio dan multimedia. Kesuksesan yang diraihnya bukanlah instant. Bisnisnya dibidang audio sudah mulai sejak 1983. Ketika itu, dirinya sudah membuka kios di proyek Senen, Jakpus. 

Setahun setelahnya, Ayong berpikir untuk membuka divisi lain, yakni bukan saja perihal perbaikan audio mobil, tapi juga penjualan aksesori. 

Memasuki tahun 1991, dirinya memberanikan diri untuk memulai distribusi barang. Kemudian pada 1993, mulai bergabung dengan rekan-rekan lainnya untuk membuka sendiri usaha. 

Sempat berjalan beberapa tahun, sampai akhirnya pada 2004, dirinya hanya fokus untuk mengembangkan perusahaannya, Kramat Motor. Dengan hanya berkonsentrasi di Kramat Motor, Ayong Jeo perlahan menarik diri dari usaha yang dibangun bersama rekan-rekannya. 

Hanya fokus pengembangan pada Kramat Motor membuat Ayong semakin berkibar. Bukan saja dalam penjualan kepada konsumen langsung, tapi juga kepada  pihak agen pemegang merek. Sehingga Kramat Motor kerap kali memasok sistem audio untuk OEM.

Bersamaan dengan itu pula Ayong mengembangkan merek audio AVT. “Saat itu kita serentak dengan negara lain. Jadi merek AVT cepat terdongkrak,” sebut CEO Kramat Motor ini.

Kemudian pada 2013, bisnis terus dikembangkan. Dengan membuat Autodio. Menurutnya ini merupakan konsep toko audio modern. Di toko tersebut, konsumen bisa melihat, memegang, mencoba bahkan mendengarkan langsung sistem audio. 

“Konsep saya, selalu menjadi yang pertama, bukan pengikut. Kita tidak pernah mengikuti pihak lain untuk di audio dan multimedia. Karena kita yakin, konsep kita lebih baik,” ungkapnya. 

Dengan konsentrasi di audio, Ayong Jeo pernah didaulat menjadi juri dalam kontes audio. Bahkan pernah juga menjadi head judges

Ayong Jeo sendiri sebenarnya mulai datang ke Jakarta dari Tanjung Pinang, Kepri ketika usianya masih 19 tahun. Saat itu dirinya mengikuti kakaknya untuk melakukan jasa pada home audio. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

toncil

Top