Rabu,2 Nov 2016 08:01 WIB

Penulis: otomotifnet

Bernd Mayländer Lebih Hebat Dari Pembalap F1

Foto: Daimler

Bernd Mayländer Lebih Hebat Dari Pembalap F1

Jakarta - Siapa yang tak kenal Bernd Mayländer? Di adalah pengemudi safety car di pentas jet darat alias F1. Tak kepalang tanggung, eks pembalap DTM dan Le Mans 24 Hours itu telah menekuni peran sebagai safety car driver sejak 2000 silam alias 16 tahun lamanya.

Itu berarti sudah 16 tahun lamanya mendedikasikan dirinya sebagai pengendara safety car F1. Hanya satu orang pembalap F1 yang menyamai rekor lama berkecimpung dari 2000 hingga 2016, yaitu pembalap tim McLaren-Honda, Jenson Button. 

Akan tetapi Bernd Mayländer mengalahkan rutinitas dari seorang pembalap F1. Bagaimana tidak, pembalap F1 baru melakukan aktivitas di sesi latihan Jumat dan kelar usai raceday di hari Minggu.

"Saya sudah harus melakukan inspeksi lintasan di setiap seri sejak Kamis pagi dan kelar hingga mobil terakhir saat raceday memasuki pitlane," ujar Bernd Mayländer. 

Akan tetapi tidak tuntas berbarengan balapan F1 selesai. "Kerap bisa lebih dari itu bila ada supporting race (balapan tambahan). Kalau tuntas pas raceday F1 itu akan lebih indah karena bisa istirahat lebih lama," imbuh pria kelahiran 29 Mei 1971. 

Menjadi pembalap safety car F1 ternyata bukan tugas simpel lho. Jangan menyangka hanya bertugas di F1 saja. Akan tetapi juga bertugas di kelas tambahan bila seri F1 itu ada supporting race-nya seperti GP2 Series, GP3 Series dan lainnya. 

Wajar bukan bila Bernd Mayländer, pengendara safety car F1, performanya jauh lebih baik dari pembalap F1 reguler itu sendiri. JLM/otomotifnet.com

EDITOR

Bagja

Top