Minggu,19 Juni 2016 10:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Bisnis Rental Mobil Sudah Kebanjiran Pesanan Sejak Jauh Hari

Foto: Salim/otomotifnet

Bisnis Rental Mobil Sudah Kebanjiran Pesanan Sejak jauh Hari

Jakarta - Mendekati libur Lebaran, masyarakat ternyata masih banyak yang menggunakan jasa sewa mobil untuk dijadikan alat transportasi saat mudik ke kampung halaman.

Dengan banyaknya pilihan rental mobil, kini masyarakat bisa bebas memilih jasa penyewaan mobil mulai dari rental besar hingga perorangan.

Sebagai ilustrasi jasa sewa mobil besar, kita tengok rental mobil Astra Rent a Car (TRAC) dan Tunas Rental.

Lalu dua rental mobil rumahan di bilangan Ciledug, Tangerang dan Depok, Jabar.  Mereka ini sudah kebanjiran pesanan sejak jauh hari.

Bisa Manfaatkan Pos Siaga

Untuk Tunas Rental, saat musim mudik Lebaran menawarkan paket penyewaan mobil selama 9 hari. 

Untuk waktunya, penyewa dapat mengambil mobil sewaan pada Sabtu (2/7) dan dikembalikan Senin (11/7). Enggak ada opsi tanggal lain.

“Kami menyediakan sebanyak 60-an unit dari cabang kami di Jakarta, tapi saat ini yang booking atau pesan sudah sekitar 75-an orang,” papar Iman Libriyanto, Chief Marketing Officer PT Surya Sadeco (Tunas Rental).

Sementara itu, untuk beberapa cabang Tunas seperti di Surabaya tersedia 16 unit mobil, Bandung 20 unit dan Semarang juga 20 unit.

Untuk musim lebaran ini juga, pihaknya menyewakan mobil dengan status lepas kunci atau tanpa sopir.

Kendaraan yang tersedia sebanyak 70 persen menggunakan All New Toyota Avanza, 20 persen Toyota Kijang Innova dan sisanya menggunakan Toyota Vios, Rush dan kendaraan mewah seperti Toyota Alphard.

“Jenis mobil selain Toyota Avanza dan Innova jarang diminati, paling untuk Toyota Alphard disewa oleh konsumen VIP kita mendekati lebaran,” tambahnya. Untuk fasilitasnya, kendaraan yang disewakan oleh Tunas Rental sudah didaftarkan asuransi hingga orang ketiga, sebesar Rp 50 juta.

Umur mobil tergolong muda untuk meminimalisasi masalah teknis. Selain itu, karena didominasi Toyota, para penyewa juga bisa menggunakan layanan pos siaga yang diberikan oleh Toyota di rest area sepanjang jalur mudik. “Setiap cabang kita juga ada petugas yang jaga.Jadi jika ada masalah tinggal telepon dan jika harus dilakukan penggantian kendaraan akan diganti karena setiap cabang Tunas Rental memiliki kendaraan cadangan minimal 2 unit,” tambah Iman.

Untuk harga sewanya paket 9 hari, pengguna Toyota Avanza dikenakan biaya Rp 2,7 juta belum termasuk PPN dan untuk Toyota Kijang Innova sebesar Rp 3,9 juta belum termasuk PPN.

Sementara itu, untuk persyaratannya karena Tunas Rental kebanyakan digunakan oleh Perusahaan yang memiliki program pengadaan mobil mudik untuk karyawannya.

Jadi syaratnya cukup mudah, hanya menyerahkan fotokopi SIM A yang berlaku dan bisa bayar pakai kartu kredit ataupun tunai.

Selain Tunas Rental, TRAC menghadapi libur Lebaran dengan menyiapkan armada sewanya hingga 1.200 unit yang tersebar di seluruh hampir wilayah di Indonesia.

Dengan komposisi sebesar 90 persen Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova dan sisanya seperti mobil mewah Toyota Camry dan Alphard.

Sementara harga sewanya, berbeda dengan Tunas Rental yang menyediakan paket borongan, untuk TRAC tetap dihitung perhari, yaitu untuk Toyota Avanza Rp 550 ribu perhari dan Toyota Kijang Innova Rp 770 ribu perhari.

“Namun, untuk paket Lebaran sewa 7 hari atau seminggu hanya dikenakan biaya sewa 5 hari,” papar Jacob Anthonius Margaretha, Chief Operating Officer TRAC.

Untuk fasilitasnya, hampir sama dengan Tunas Rental mobil yang digunakan merupakan tahun baru dan baru digunakan 2 atau 3 tahun, termasuk asuransi kendaraan dan asuransi jiwa sebesar Rp 10 juta perorang.

Persyaratannya, TRAC memberlakukan sistem yang lebih rumit karena memang disewakan untuk  perseorangan.

Pembayaran sewa mobil dengan sistem lepas kunci hanya bisa dilakukan lewat kartu kredit, menyerahkan fotokopi SIM, KTP serta KK dan NPWP. Nah, selain dua perusahaan penyewaan mobil besar, para pemudik juga bisa menyewa kendaraan di rental mobil yang dikelola oleh perorangan.

Ambil contoh, di daerah Ciledug, Tangerang ada rental mobil Artha Laras dan Rental Mobil Depok. Untuk kedua rental mobil tersebut, ada paket selama 10 hari dengan biaya sewa berkisar antara Rp 5 juta untuk Toyota Avanza dan Rp 8 juta untuk Toyota Kijang Innova.

Untuk fasilitasnya, meskipun tidak merinci secara detail, namun kedua rental mobil tersebut bersedia bertanggung jawab jika mobil memiliki masalah saat digunakan di perjalanan.

Mobil yang disewakan kedua rental tersebut diklaim siap pakai dan sehat.

Nah, bagi Anda yang berniat untuk menyewa mobil saat libur lebaran nanti silahkan dipilih-pilih mana rental mobil yang sekiranya cocok, baik dari segi harga, fasilitas, maupun kendaraannya. • (otom,otifnet.com) / Arief

Bisnis Rental Mobil Sudah Kebanjiran Pesanan Sejak jauh Hari
Sewa Di Darah Pesan Di Jakarta

Sewa Di Daerah Pesan Di Jakarta

Musim mudik Lebaran ini, selain para pemudik yang menyewa kendaraan langsung di Jakarta ada juga yang menyewa kendaraan di daerah tujuan.

Pasalnya, para pemudik memang lebih memilih menggunakan transportasi baik pesawat, kereta api, maupun bus.

“Untuk sewa di daerah banyak juga yang melakukan pesanan di Jakarta, jadi di daerah tinggal pakai jalan-jalan atau silaturahmi ke sanak saudara,” papar Iman Libriyanto, Chief Marketing Officer PT Surya Sadeco (Tunas Rental).

Sementara itu, menurut Jacob Anthonius Margaretha, Chief Operating Officer TRAC, ada dua tipe pemudik yang menyewa mobil.

Jika masih dalam satu pulau dan memiliki keluarga yang banyak lebih memilih menyewa mobil.

“Tipe kedua, antarpulau biasanya mereka menggunakan transportasi lain ke kampung halaman baru menyewa mobil. Karena jika menyewa mobil dari Jakarta pasti biaya maintanancenya tinggi,” pungkasnya.

Bisnis Rental Mobil Sudah Kebanjiran Pesanan Sejak jauh Hari
Harga Bersaing kapasitas Lebih Besar

Sewa Big Van. Harga Bersaing Kapasitas Lebih Besar

Selain menyewa mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, para pemudik memiliki opsi sewa Big Van.

Terlebih bagi pemudik yang juga bernecana untuk melakukan perjalanan wisata bersama keluarga.

Kendaraan seperti Isuzu Elf dan Toyota Hiace menjadi armada yang banyak dipilih karena memiliki kapasitas yang cukup banyak, sekitar 15 sampai 19 tempat duduk.

“Cukup bagus untuk pasar Big Van, terutama untuk perusahaan dan prospek ke depannya. Untuk lebaran ini, meskipun tidak banyak tapi ada juga yang menyewa kendaraan kelas ini,” papar Jacob Anthonius Margaretha, Chief Operating Officer TRAC.

TRAC memiliki sekitar 20 sampai 30 unit Isuzu ELF dan 50-an Toyota Hiace. Selain itu, TRAC juga menyediakan kendaraan bus untuk antar jemput. Untuk harga sewa Big Van memang tergantung waktu dan jarak. Untuk sewa Isuzu Elf berkisar Rp 850 ribu sampai Rp 16 jutaan.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top