Senin,28 Maret 2016 09:35 WIB

Penulis: Harryt MR

Dinilai Berhasil, Penanganan Arus Lalulintas Libur Panjang Paskah

Foto: Dok Otomotifnet

Ilustrasi tol

Tak seperti pengalaman malam Natal dan tahun baru 2015, yang menyuguhkan kemacetan luar biasa di luar prediksi di ruas tol yang mengarah ke Cikampek, Bandara Soetta hingga melebar ke ruas jalan arteri, libur panjang bertepatan dengan peringatan Paskah di akhir pekan lalu menjadi bahan evaluasi penanganan lalulintas yang melibatkan aparat lintas sektoral.

Penanganan arus lalulintas pada libur panjang akhir pekan lalu dinilai berhasil. Indikator keberhasilan ini berdasarkan pada minimnya kejadian lalulintas yang menonjol. Yakni kemacetan dan kecelakaan lalulintas.

"Keberhasilan pengamanan tidaklah segampang membalikkan telapak tangan, tapi melalui suatu proses manajerial perencanaan yang didasari pengalaman sebelumnya, analisa dan evaluasi, serta perkiraan intelijen dan referensi yang mendukung perencanaan tersebut," jelas AKBP Budiyanto, Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya.

Solusi untuk mengurai arus lalulintas dilakukan dengan pentahapan.

"Sudah dilaksanakan mulai dari jemput bola pada gerbang tol, contra flow dan buka tutup pintu-pintu masuk tol," lanjut AKBP Budiyanto.


 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top