Rabu,5 Agust 2015 21:32 WIB

Penulis: Wayang

Diskon Bukan Lagi Tawaran Spesial

Foto: Harryt

Diskon Bukan Lagi Tawaran Spesial



Jakarta - Siasat mendongkrak penjualan serta menghabiskan stok dilakukan dengan berbagai cara. Selain membuat gimmick-gimmick jualan, dealer juga menyuguhkan diskon uang muka ataupun cicilan. Nah tentunya hingga saat ini, perang diskon masih berlangsung.
   
Diskon ini menjadi kebijaksanaan dealer, artinya tak heran jika tiap dealer besaran diskonnya berbeda-beda satu sama lain. Bahkan saat ini, kemasan diskon dibuat kreatif dengan paket lainnya.

“Diskon bukan satu-satunya program penjualan. Karena APM (Agen Pemegang Merek-red) juga memberi banyak program. Misalnya bunga murah, DP rendah, free servis dan lain sebagainya. Jadi customer bisa memilih program yang sesuai. Nissan sejak awal tak ingin terjebak perang diskon dengan APM lain, sehingga kita tak fokus hanya soal diskon,” bilang Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division PT Nissan Motor Indonesia (NMI).
   
Diskon unit umumnya dialihkan dengan paket hadiah. Sehingga selain diskon, konsumen mendapatkan bonus tambahan. “Selain potongan harga yang ditawarkan berkisar Rp 8-25 juta tergantung jenis dan tipe kendaraan, konsumen juga mendapatkan aksesori yang menarik seperti kaca film, talang air, kunci stir, sensor parkir, kamera belakang, selama persedian masih ada,” ujar Sulifansyah, selaku Sales and Marketing Honda Mobil Cinere, di Jl. Raya Cinere No.88 Kecamatan Cinere, Kota Depok.
   
Artinya diskon saat ini bukan lagi hal spesial. Karena semua dealer, baik mobil dan motor memiliki paket diskon sebagai daya tarik. “Untuk Toyota Avanza kita diskon rata-rata Rp 2 juta,” sebut Yulia Rahman, Sales Representatif Auto2000 Permata Hijau, Jaksel.
   
Lantas bagaimana dengan unit-unit baru yang akan segera meluncur, apakah sudah disiapkan diskon harganya? “Kemungkinan ada diskon jika memang sudah beredar di pasaran. Saat ini untuk pemesanan di dealer ini belum bisa, dikarenakan belum ada ketentuan harga yang pasti dari pusat,” kata Nuryati, selaku Sales Counter Dealer Toyota Cinere, Depok, Jabar.
   
Pun begitu dengan Great New Daihatsu Xenia, yang belum dipastikan apakah nantinya tersedia potongan harga atau tidak. “Untuk saat ini sudah dapat memesan dengan tipe tertentu, namun untuk masalah harga yang fixed belum dikeluarkan, minggu lalu juga sudah banyak yang memesan namun inden. Mengenai diskon belum ada, kita lihat peminatnya 1 semester, kemungkinan pasti ada diskon dan aksesori tambahan,” tutur Septa Dian, selaku Technical Support dealer Daihatsu di Jl. MT. Haryono Jakarta Selatan. (Otomotifnet.com)


EDITOR

fendi

Top