Minggu,15 Nov 2015 08:53 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

E-Lead, Hadirkan Head-Up Display Pintar

Foto: Fendi

E-Lead, Hadirkan Head-Up Display Pintar


Taiwan – Head-Up Display (HUD) biasanya menampilkan informasi navigasi, tetapi melalui teknologi Internet of Vehicle (IoV), E-Lead membuat HUD pintar dilengkapi entertainment system dan bisa terhubung dengan smartphone.

otomotifnet.com bersama 7 media lain dari 7 negara atas undangan TAITRA (Taiwan Trade Center) mendatangi E-Lead Electronic Co., Ltd. yang mengusung teknologi di bidang elektronik.

Berdiri pada 1983, E-Lead memproklamirkan diri sebagai perusahaan elektronik otomotif terbesar di kawasan Tiongkok. Memproduksi head unit plus sistem navigasi, monitor untuk penumpang belakang, sensor elektronik (kamera belakang, HUD, night vision, tire pressure monitor system dan sensor lainnya).

Selain memiliki pabrik di Taiwan, E-Lead juga punya pabrik  di Tiongkok dan Thailand. Produknya digunakan pada merek mobil seperti VW, Toyota, Honda, Nissan, Mitsubishi, Mazda, Audi, GM, Ford, Chrysler, Hyundai dan sebagainya.

Steve Yang menyentuh head unit yang diperasikan tanpa tombol

Namun yang diunggulkan E-Lead adalah teknologi baru Internet of Vehicle (IoV) lewat Smart HUD. “Karena tidak hanya menampilkan navigasi, tetapi juga menjalankan fungsi entertainment seperti mengetahui pesan media sosial, mendengar musik yang terhubungan dengan smartphone atau SD card music player,” kata Steve Yang.

Smart HUD juga otomatis terhubung dengan smartphone, sehingga melakukan percakapan bisa langsung tanpa harus memegang hp. Asyiknya lagi, tehubungan juga dengan phonebook tanpa harus mengutak-atik hp.

Smart HUD ini dilengkapi panel display TFT 4 inci semitransparan, menampilkan informasi yang jelas tanpa menghalangi pandangan ke depan. Plus tombol kontrol yang dapat mengatur posisi informasi yang ditampilkan agar pas dilihat.

Layar dapat pula display menampilkan informasi saat berkendara seperti spidometer, nama jalan dan batas kecepatan dan sebagainya. 

Screen HUD tidak menghalangi pandangan ke depan

Lewat berbagai software aplikasi dari Google play maupun iOS, pengemudi dapat mengetahui kondisi cuaca, pasar saham, berita terkini.

Pada 2014, Smart HUD produk E-Lead memenangkan Best Choice Award of Computex dan Top 100 Award of Taiwan ICT Month Innovative Elite. Kemudian di 2015 menerima Taiwan Symbol of Excellence. (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top