Kamis,27 Agust 2015 12:03 WIB

Penulis: bagja otomobil

Filter Udara Kabin Anti Virus, Kabin Segar dan Sehat

Foto:

Filter Udara Kabin Anti Virus, Kabin Segar dan Sehat


Tangerang - Kabin mobil yang sehat, dengan aroma yang segar tentu didambakan setiap pemilik mobil. Karenanya, kini ada Green Cabin Air Filter Denso. Filter 'hijau' ini bikin kabin segar dan sehat.

Filter ini memiliki fungsi utama sebagai anti virus, anti bakteri dan jamur, serta penghilang bau dan partikel kecil seperti debu, spora jamur maupun serbuk sari tanaman.

Lapisan hijau pada filter kabin mengandung zat kimia anti virus yang sudah teruji aman bagi manusia dan anti bakteri, serta karbon aktif untuk menyerap bau. Lapisan anti virus dan anti bakteri berfungsi mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga udara lebih bersih.

Filter juga bekerja ketika kendaraan sedang idle, terutama ketika berada dibelakang truk atau bus, filter menyingkirkan sumber gas buang yang mengganggu. Lapisan karbon aktif menjaga konsistensi dari sirkulasi dan ventilasi.

Tes terhadap anti virus dilakukan di Jepang, dengan metode pemberian cairan suspensi virus pada kepingan filter hijau Denso berukuran tiga centimeter kali tiga centimeter. Cairan suspensi tersebut diteteskan secara terus menerus selama dua puluh empat jam pada suhu kamar.

Setelah dua puluh empat jam dilakukan pengukuran terhadap tingkat infeksi virus, dengan menggunakan rumus Reed-Muench, dihitung berdasarkan tingkat infeksi virus per satu mililiter cairan yang terfilter, didapati tingkat eliminasi virus adalah sebesar sembilan puluh sembilan koma sembilan persen.

Sedangkan untuk penggantian disarankan setiap enam bulan atau setelah jarak tempuh sepuluh ribu kilometer, mana yang tercapai lebih dahulu. Filter ini tidak dapat digunakan kembali setelah dibersihkan, baik dengan dicuci maupun dengan peniupan udara. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top