Senin,2 Nov 2015 11:13 WIB

Penulis: bagja otomobil

First Impression 'Si Kepala Kuning' yang Bisa Nyetrum

Foto: Bagja

First Impression 'Si Kepala Kuning' yang Bisa Nyetrum


"Tampangnya lebih klimis, sebanding dengan emisi yang dihasilkan juga klimis, artinya jauh dari kesan truk berasap hitam yang sering ditemui di Jakarta"

Kawasaki - OTOMOTIFNET pastinya penasaran sebagus apa truk ringan Mitsubishi Canter atau di Indonesia disebut Colt Diesel dan punya julukan "Si Kepala Kuning" yang sudah mengusung teknologi mesin hybrid. Perpaduan antara mesin diesel konvensional plus motor listrik.

Nah, kesempatan bertemu dan menjajal impresi pertama dari Si Kepala Kuning dilakukan langsung di kantor pusat Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation di Kawasaki, Jepang. Kesan pertama bertemu, dari wajah sama sekali tak ada beda dengan Colt Diesel yang dipasarkan di Tanah Air.

Grill lebih modern dengan aksen krom dan emblem Eco Hybrid berlatar biru muda

OTOMOTIFNET masih mendengar suara mesin diesel yang khas. Namun, mesin berkode 4P10 berkapasitas 3.0 liter ini sudah dilengkapi dengan DUONIC kopling ganda yang dikombinasikan dengan motor listrik. Mesin ini juga dilengkapi BlueTech yang mengurangi emisi melalui catalytic reduction (SCR), juga filter renegeration-control diesel (DPF). 
Mesin dieselnya dilengkapi injeksi tekanan tinggi dengan piezo injector

Jadi, tidak seperti mobil hybrid yang bisa menawarkan pengemudian hanya mengandalkan motor listrik saja (EV mode), pada Canter Eco Hybrid ini mesin diesel tetap aktif sebagai generator, sekaligus mengaktifkan fungsi dari power steering dan juga booster rem.
Baterai Lithium-Ion berkapasitas 7.5Ah tersimpan dibagian samping

Klaim dari Fuso, dengan menggunakan teknologi hybrid, Mitsubishi Canter punya konsumsi bahan bakar 12,8 kpl (bobot total 2 ton) atau 20 persen lebih irit dari mesin diesel konvensional, terutama saat lalu lintas padat seperti kota besar.

Tuas transmisi otomatis, panel AC dan Audio jadi standar di kabin

Masuk kedalam kabinnya, OTOMOTIFNET menemukan kabin yang mirip layaknya truk Kepala Kuning biasa, namun pada spidometer sudah terdapat indikator hybrid, berupa indikator kapasitas baterai dan juga konsumsi listriknya. Plus terdapat tuas transmisi otomatis, Audio, dan juga panel AC. Sebuah kenyamanan yang ditawarkan Fuso pada pengendaranya.

Indikator hybrid yang memberikan informasi kapasitas baterai dan konsumsi listrik

Hasilnya, selain lebih nyaman dikendarai, tenaga tetap besar, bahan bakar lebih irit, juga emisi NOx dan PM yang lebih rendah 30 persen. Kebayang asiknya kalau Mitsubishi Canter Eco Hybrid ini bisa dipasarkan di Indonesia? Si Kepala Kuning pun bisa nyetrum! (mobil.otomotifnet.com)



Spesifikasi Teknis:

Mesin: 4P10 common rail, high-pressure fuel injection dengan piezo injector, dan high-precision cooled EGR system
Kapasitas mesin: 2.998cc
Tenaga maksimal: 130 dk @ 3.050-3.500rpm
Torsi Maksimal: 300 Nm @ 1.300-3.050 rpm
Motor Listrik: e-Motor 40 Kw
Baterai: :Lithium-Ion berkapasitas 7.5Ah
Transmisi: DUONIC kopling ganda 6 percepatan manual otomatis (AMT)

EDITOR

fauzi

Top