Minggu,14 Agust 2016 14:50 WIB

Penulis: otomotifnet

Formula Garuda 16, Jet Darat Bikinan Mahasiswa Indonesia

Foto: Istimewa

Formula Garuda 16 Jet Darat Bikinan Mahasisnya Indonesia

Jakarta - Ini mobil formula bikinan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang akan mengikuti 2016 Student Formula Japan. Event tersebut diselenggarakan Society Automotive  Engineering of Japan (JSAE) awal September mendatang. Adapun lomba ini merupakan salah satu seri Formula Student dari SAE Internasional yang berlangsung di berbagai benua.

Menariknya, mobil ini diadu mulai dari konsep (static event). Meliputi cost report, design report, business logic plan. Sementara balapannya (dynamic event) yang meliputi akselerasi, autocross, skid pad, endurance dan efisiensi. Pemenang dihitung berdasarkan point yang diperoleh dan dijumlahkan secara overall. Tahun 2015 lalu, tim mahasiswa terbaik Indonesia bernama Garuda UNY Racing Team dengan mobil F15 memperoleh peringkat 29 overall di kompetisi 2015 Student Formula Japan.

Juga meraih peringkat 5 dalam hal efisiensi.  Tahun ini, mereka akan kembali terjun dan memperkuat kemampuan di static event maupun dynamic event. Tim terdiri dari mahasiswa berbagai disiplin ilmu. “Kami berusaha menciptakan tim yang solid yang berasal dari berbagai macam disiplin ilmu karena berdasarkan pada kebutuhan tim,” ujar Dr. Zainal Arifin selaku Advisor Garuda UNY  Racing Team.

Persiapan sudah dilakukan sejak kepulangan tim, Oktober 2015 lalu. Kali ini dengan mobil bernama Formula Garuda 16 (FG16), hasil upgrade dari Garuda Formula 15 (F15). Hasilnya, bobot menyusut dari 245 kg menjadi 220kg. “Mounting engine didesain untuk menahan getaran mesin serta poros yang dibuat lebih ringan dengan diameter lebih kecil mampu menahan kekuatan 4 Newton Meter dan 46 House Power.

Sehingga dapat meningkatkan performa kendaraan dalam mengikuti lomba September mendatang,” tutur Widhihastu, Automotive Designer Garuda UNY Racing Team. Oya, tim ini mendapat support dari sponsor PT. Kawan Lama Sejahtera, Garuda Indonesia, Motul Oil Lubricant, Yuasa Battery, BNI, Maguwo International Stadion, ISTW, TWA, LMHK9999, Panatek, Bengkel Idek, Biess Injection dan lain-lain.

Tanggal 12 Agustus 2016 ini mobil akan roll out dan bertanding September mendatang. Info lengkapnya, silakan klik www.garudauny.com.

EDITOR

Bagja

Top