Senin,5 Okt 2015 11:23 WIB

Penulis: pewete pewete

Frankfurt Motor Show 2015 MAINSTREAM HINGGA ULTRA-LUX

Foto: ISTIMEWA

Frankfurt Motor Show 2015 MAINSTREAM HINGGA ULTRA-LUX

Dari Suzuki Baleno hingga Rolls-Royce Dawn, ini 7 mobil favorit pilihan OTOMOTIF pada pameran otomotif terbesar di Jerman tahun 2015

Frankfurt
- Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) atau yang lebih dikenal dengan nama Frankfurt Motor Show kembali digelar di Frankfurt am Main, Jerman. Pameran otomotif internasional yang ke 66 ini mengenalkan lebih dari 60 kendaraan, baik dalam bentuk konsep maupun produksi.

Selain yang ekstra eksotis seperti Bugatti Gran Turismo Vision atau Lamborghini Huracan Spyder, motor show ini juga memperkenalkan mobil yang akan lebih sering dilihat di jalan umum, seperti Kia Sportage, VW Tiguan hingga Infiniti Q30. Beberapa di antaranya pun akan menyegarkan line-up di Tanah Air. • (otomotifnet.com)



Suzuki Baleno


Baru setengah tahun lalu di negara tetangga Jerman, Swiss, Suzuki memperkenalkan mobil konsep iK-2 yang diset untuk menjadi hatchback kompak di masa depan dan akan hadir di Eropa pada awal 2016. Kini, versi produksinya telah hadir dengan nama yang pasti familiar dengan masyarakat Indonesia, Baleno.

Bentuk eksterior tidak berbeda jauh dengan iK-2. Desain ‘Liquid Flow', gril justru mengecil di tengah dengan hanya lis krom yang menyambungkan ke lampu depan, sedangkan gril radiator tidak selebar versi konsepnya.

Buritan terlihat unik dengan kaca bersudut tumpul, sedangkan terdapat banyak lekukan pintu bagasi dan bumper. Di bawah kap, terdapat mesin baru 3-silinder berkapasitas 1.0 liter Boosterjet berturbo yang menghasilkan output 110 dk dan torsi 170 Nm, Alternatifnya, mesin 4-silinder 1,2 liter Dualjet bertenaga 89 dk dan torsi 120 Nm.

Hal yang unik, ditawarkan Integrated Starter Generator sebagai bagian dari sistem mild hybrid (SHVS), diklaim Suzuki akan meningkatkan akselerasi pada kecepatan rendah. Fitur lain seperti Adaptive Cruise Control dan Radar Brake Support juga akan hadir.

Kapan hadir di Indonesia? "Untuk saat ini belum ada rencana," tutur Nurul Wardah, Public Relation PT. Suzuki Indomobil Sales.



Kia Sportage

Kia Sportage terbaru resmi diperkenalkan di Frankfurt. Dengan redesain total, Sportage kini terlihat sangat berbeda dengan pendahulunya. Bagian depan jelas terlihat unik, dimana gril khas ‘Tiger Nose' besar kini tidak segaris dengan posisi lampu utama yang diletakkan lebih keatas.

Kabin juga tidak meninggalkan jejak yang lama, kini fascia tengah lebih vertikal, 10 derajat mengarah ke pengemudi dengan layar sentuh dan semua tombol pengendali diletakkan di bawahnya. Headroom juga bertambah 5 mm di depan dan 16 mm di belakang.

Fitur juga tidak dapat diremehkan. Terdapat Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning System, Lane Keeping Assist System, High Beam Assist dan Speed Limit Information Function. Sedangkan untuk mesin, versi diesel akan tersedia dengan kapasitas 1.7 l CRDi dengan output 136 dk, torsi 373 Nm dan 184 dk, torsi 400 Nm.

Versi bensin akan mengandalkan 1.6 l GDI dengan output 132 dk dan torsi 161 Nm, kemudian dengan turbocharger yang menghasilkan 177 dk dan 265 Nm. Bagaimana kabarnya di Indonesia? Ridjal Mulyadi, Marcomm Manager PT Kia Mobil Indonesia mengatakan, "Kami belum dapat memastikan kapan model tersebut dipasarkan di Indonesia. Kemungkinan besar tahun depan."





Volkswagen Tiguan

Setelah diproduksi pertama kali dari tahun 2007, Tiguan akhirnya dikeluarkan generasi keduanya. Volkswagen mengatakan, Tiguan terbarunya merupakan SUV VW pertama yang menggunakan arsitektur MQB (modular transverse matrix), hingga mengurangi berat 50 kg dan memperbesar kapasitas bagasi 50 liter.

Soal desain, bagian depan jelas terpengaruhi oleh Passat generasi terbaru. Lampu depan dual LED juga hadir pertama pada SUV VW. Fitur unggulan termasuk Front Assist dengan City Emergency Braking dan Pedestrian Monitoring, kap mesin aktif, Lane Assist dan Automatic Post-Collision Braking System yang tersedia secara standar.

Mesin yang ditawarkan terdapat 8 varian, dengan output berkisar dari 123 dk hingga 174 dk dan lebih efisien bahan bakar hingga 24 persen dibanding generasi sebelumnya. Terdapat juga konsep plug-in hybrid, Tiguan GTE, dengan jarak tempuh total hingga 1.000 km.



Renault Megane

Hal yang diperkenalkan adalah Megane generasi ke 4, dengan desain dinamis dan pemakaian teknologi tinggi sebagai kuncinya. Terlihat jelas desain depan kini mengikuti jejak sedan mewah, Talisman, yang baru saja diperkenalkan. Lampu depan sudah mengadopsi teknologi full LED dan bentuk C yang menjadi signature.

Sedangkan lampu belakang mengandalkan LED Edge Light Technology dengan bentuk horizontal yang membuat buritan terlihat lebih lebar. Fitur yang dibanggakan adalah head up display berwarna yang bisa dilipat, kemudian layar sentuh R-Link 2 seperti tablet berukuran 8,7 inci dengan teknologi pinch & zoom, 4Control sebagai 4 wheel steering, Advanced Driver Assitance Systems, Multi-Sense dengan Efficient Dual Clutch dan 5 mode berkendara.

Sebagai jantung penggerak, mesin dengan range output dari 90 hingga 250 dk yang mengutamakan efisiensi tersedia. Unit diesel ENERGY dCi dan bensin TCe tertinggi akan dihubungkan ke transmisi EDC kopling ganda otomatis 7-percepatan.



BMW X1

Dengan update terbaru pada Frankfurt, akhirnya desain X1 menyamai kakak-kakaknya. BMW menyebutnya Sports Activity Vehicle, dengan embel-embel ‘All-New' yang berarti bukan sekadar facelift. Tinggi naik 4,3 inci, sementara khas ‘Kidney Grille' dengan lampu dual proyektornya memberi karakter ‘six-eyed'. Ban RFT dengan pelek 18 inci kini hadir standar.

Sementara ruang di interior bertambah besar, posisi duduk di depan naik 2,5 cm sedangkan di belakang bertambah 6,3 cm. Klaim tertinggi di kelasnya, X1 generasi kedua menyematkan mesin 2,0 liter BMW TwinPower Turbo dengan BMW EfficientDynamics. Tenaga maksimum pada 228 dk dan torsi 350 Nm.



Infiniti Q30

Bergabung di pasar hatchback mewah dengan Mercedes-Benz A Class dan BMW 1-Series, pabrikan mewah dari Jepang ini membawa model terbarunya Q30. Bentuk penuh lekukan seperti pada Q50 sedan menjadi ciri khasnya. Hatchback premium ini ditenagai oleh mesin bensin 4-silinder berkapasitas 2,0 liter dengan tenaga maksimum 280 dk.

Tersedia juga dengan kapasitas yang lebih kecil, dengan output bervariasi dari 120 dk hingga 168 dk. Teknologi yang diusungnya tidak sedikit, misalnya seperti Automatic Park Assist dengan Around View Monitor (AVM) dan Moving Object Detection (MOD) untuk mempermudah parkir, Blind Spot Warning, Forward Collision Warning dengan Forward Emergency Braking, Auto High Beam Assist, dan Intelligent Cruise Control yang menempatkan radarnya di belakang bahan metal khusus emblem Infiniti.



Bentley


Bentley menamakannya sebagai SUV tercepat, terkuat, termewah dan tereksklusif di dunia. Tidak salah memang, dengan harga di Amerika mulai dari Rp 2,3 miliar (BMW X6 M di AS seharga Rp 1,4 miliar) dan mesin W12 berkapasitas 6,0 liter dengan twin turbocharger, tenaga yang dihasilkan mencapai 600 dk dan torsinya 900 Nm.

Hasilnya, waktu 0-100 km/jam hanya 4,1 detik dan kecepatan maksimum 301 km/jam, padahal bodinya tergolong bongsor dan berat. Meski meneruskan konsep EXP 9 F 3 tahun lalu, namun versi produksinya kini terlihat lebih halus dan mencerminkan Continental GT dalam bentuk yang lebih gagah.

Selain kemewahan khas Bentley, fitur-fitur mutakhir seperti Electronic Night Vision, Bentley Entertainment Tablet, Responsive Off-Road Setting, Park Assist dan Predictive Adaptive Cruise Control turut hadir menjadikannya SUV termewah yang sesungguhnya.





EDITOR

fauzi

Top