Jumat,25 Maret 2016 10:30 WIB

Penulis: Bagja

Galakkan Transportasi Umum, 5 Karoseri Nasional Siap Tampilkan Produk Baru di INAPA 2016

Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

INAPA siap digelar mulai 1 April 2016

Jakarta - Transportasi umum yang jadi semakin penting bagi masyarakat, khususnya di kota besar membuat industri karesori nasional terus bergairah. Itu kenapa bakal ada 5 karesori nasional yang akan meramaikan INAPA 2016.

Indonesia memiliki 8 kota besar yang memiliki Bus Rapid System (BRT), Medan, Pekanbaru, Padang, Jakarta Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makasar dan akan digunakan di 33 Provinsi lainnya. Hal ini dapat mendorong kegiatan ekonomi di sektor industri karoseri nasional.

Apalagi, permintaan kendaraan niaga (terutama Bus) sedang dalam kondisi prima di saat pasar otomotif yang sedang lesu. Bahkan di tahun 2016 ini, bisnis karoseri diperkirakan akan tumbuh subur menyusul dengan kebijakan pemerintah untuk mengembangkan moda tranportasi umum untuk jenis kendaraan bus. 

Belum lagi, TransJakarta akan menambahkan 2,000 armada baru, TransMusi serta lebih dari 10 Provinsi lain sedang membutuhkan banyak bus dan karoseri lainnya untuk menunjung transportasi dalam kota. 

Selain itu, sektor pariwisata juga sedang booming yang membutuhkan lebih banyak Bus dan Coach untuk memenuhi permintaan para traveler. Hal ini sangat jelas, permintaan karoseri tidak akan terpukul, justru akan semakin menanjak.
 
Melihat kondisi industri karoseri yang semakin kompetitif, dibutuhkan ruang bisnis yang masif juga, salah satunya adalah menggelar pameran bus, truck, alat berat and component berskala internasional yaitu “The 7th Indonesia International Bus, Truck & Component (IIBT)”, yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 Maret – 1 April 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Secara berbarengan, di tempat yang sama juga akan dilangsungkan pameran komponen otomotif bertajuk INAPA 2016 (The 8th Indonesia International Auto Parts Accessories and Equip Exhibition 2016), Tyre & Rubber Indonesia 2016.

Secara total ada 1.100 perusahaan yang mewakili 28 negara dan menempati 8 hall dengan luas area 25.000 sqm, dengan ekspektasi dihadiri 35.000 pengunjung profesional dari 35 negara.
 
IIBT 2016 sendiri merupakan pameran yang berskala internasional yang berfokus pada bus, truk dan komponen pendukungnya. IIBT 2016 mendapat dukungan penuh dari ASKARINDO (Asosiasi Karoseri Indonesia), CPTA (China Public Transportation Association), ASPINDO (Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia), HINABI (Asosiasi Industri Alat Besar Indonesia) dan juga PAABI (Asosiasi Agen Tunggul Alat Berat Indonesia).
 
Pameran IIBT 2016 mengambil peran dalam rangka mempertemukan pebisnis karoseri dan penunjangnya dengan buyers seperti pebisnis operator bus, logistik, konstruksi, pertanian, petro, pertambangan, manufaktur  dll. Pameran ini diyakini membawa berkah kepada pelaku bisnis karoseri dan penunjang.

Berikut ini, pebisnis Karoseri Nasional ikut serta di IIBT 2016:
1.    New Armada akan akan memamerkan generasi penerus Evonext yaitu Evolander dan satu bus tingkat dengan sebutan Highlander. Ankai chasis juga bergabung.
2.    Laksana akan menghadirkan medium bus new Nucleus dan Cityliner (bersama Scania)
3.  Gunung Mas akan menghadirkan Bus Exclusive dan Mini Bus
4.  MitraToyotaka akan bersama Hino memperkenalkan Karoseri Truk untuk Logistik dan Mixer.
5.  Indosaluyu Promajaya bersama Sammit Motors Indonesia akan menampilkan Wing Box dan Custom Box

"Kami yakin industri ini akan terus berkembang dan semakin memiliki peranan di pasar dalam negeri maupun pasar ekspor," ujar Baki Lee, Presiden Global Expo Management (GEM) penyelenggara INAPA 2016.

EDITOR

Bagja

Top