Minggu,13 Des 2015 22:55 WIB

Penulis: erie

Mobil Baru 2015

Hadirnya Mantan Penguasa Pasar Lewat Suzuki Ciaz

  • Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

    Generasi pertama Baleno (1996-1999),bodinya membulat dan diperkuat mesin G16A 1.600 cc SOHC 4 silinder dan 16 valve serta sistem injeksi EPI (electronic petrol injection)

  • Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

    Baleno generasi pertama versi facelift (2000-2002), eksteriornya lebih membulat lagi ditambah fitur seperti tilt steering, central lock, power power steering, dan head unit double DIN. Tahun 2001, menguasai pasar sedan sampai 32,5 persen

  • Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

    Generasi kedua (2003-2006), nama lainnya adalah Baleno Next-G, mesin yang berkode M15A DOHC 16 valve termasuk canggih dan tetap irit

  • Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

    Generasi ketiga (2008), muncul dengan tampilan sama sekali baru dan platform crossover, mesin M15A DOHC 16 valve sudah diseting ulang supaya bisa 'minum' bensin daerah

  • Foto: Rian

    Ciaz (2015), mesinnya 1.400 cc dengan kode K14B hadir dengan tampilan yang sama sekali baru serta sejumlah fitur terbaru

  • Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

    Esteem menjadi produk sedan perdana dari Suzuki yang muncul di awal dekade '90-an


Jakarta- Suzuki di Indonesia memang sedang bertaruh dengan meluncurkan Ciaz di kuartal terakhir 2015.

Bagaimana tidak, sudah lama segmen sedan ‘ditinggalkan’ Suzuki, yaitu saat terakhir melansir Neo Baleno di tahun 2008.

Tak lama kemudian, sempat juga dihadirkan mobil konsepnya, ada Kizashi yang tadinya juga disebutkan sebagai penerus keberadaan Suzuki di segmen sedan.

Namun ternyata tak terwujud, padahal pada periode keberadaan Baleno generasi pertama yang versi facelift (2000-2002) Suzuki pernah jadi penguasa pasar di segmen sedang dengan pangsa pasar 32,5 persen.

Setelah itu segmen sedan terus menurun tergerus oleh keberadaan mobil model MPV, SUV, maupun hatccback, bahkan crossover.

Suzuki di Indonesia juga terkesan tak lagi melirik segmen ini setelah dilansirnya APV dan juga Swift. 

"Sebelumnya pecinta Suzuki memang banyak yang bertanya tentang sedan ini, jadi sebagai APM kita memiliki kewajiban untuk melengkapi line-up kita dengan menghadirkan Ciaz," papar Makmur, 4W Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dihubungi beberapa waktu lalu (1/12), Makmur tetap optimis bahwa kehadiran Ciaz akan menguatkan ‘lagi’ keberadaan Suzuki di kategori mobil penumpang.

Nah, bagaimana sebenarnya keberadaan Suzuki di segmen sedan selama ini? Bisa dilihat dari galeri foto berikut ini. Arief, eRIE (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

erie

Top