Jumat,24 Juni 2016 20:25 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Honda Bantu Modal Usaha Untuk Kelompok Difabel Di Bandung

Foto: Istimewa

Astra Honda Motor (AHM) memberikan modal usaha bagi Kelompok Kreatifitas Disabilitas Bandung (KKDB)

Bandung- Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan sociopreneurship melalui program satu hati, untuk memberikan modal dan pelatihan bagi  Kelompok Kreatifitas Disabilitas Bandung (KKDB) Jabar yang bercita-cita untuk memproduksi kaki palsu untuk penyandang disabilitas lainnya.
 
Produksi kaki palsu ini nantinya akan membantu penyandang disabilitas yang ingin memiliki kaki palsu secara gratis. Sebagai langkah awal, program ini akan memberikan modal awal sebesar Rp 47 juta.
 
Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk sewa tempat penjualan, pembelian beras dari petani, dan pembelian perlengkapan pendukung transaksi jual beli. Pencanangan program ini dilakukan pertama kali di Bandung, Jawa Barat pada awal Juni 2016 dengan menggandeng Sinergi Foundation (SF).
 
Melalui pogram Mitra Satu Hati, anggota KKDB mendapatkan pelatihan teknik manajerial, pengelolaan keuangan, serta teknik dasar pemasaran dan bantuan finansial atau modal usaha. Praktek wirausaha dilakukan dengan menjual beras yang diproduksi langsung petani binaan SF di Subang dan Cigalontang Tasikmalaya, Jabar.
 
Selanjutnya, sebagian keuntungan akan digunakan sebagai dana pembuatan kaki palsu, dan setiap pasang kaki palsu yang diproduksi sendiri oleh anggota KKDB membutuhkan dana sekitar Rp 3-6 juta. Diharapkan dalam kurun 3 bulan, mereka dapat mulai menghasilkan sepasang kaki palsu secara gratis untuk penyandang difable lain.
 
"Kami ingin menemani masyarakat mewujudkan mimpi, termasuk kalangan difable. Program Mitra Satu Hati ini kami harapkan mampu menjadi stimulan untuk beraneka program sejenis yang memberdayakan masyarakat dengan tetap mengembangkan jiwa kepedulian sosial," papar Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, dalam siaran persnya (23/6).

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top