Minggu,20 Sept 2015 13:03 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy All New Toyota Avanza G 1.3 M/T 2013

Foto: tejja

How To Buy All New Toyota Avanza G 1.3 M/T 2013



Jaminan ketersediaan spare parts yang melimpah serta ketangguhan yang teruji, membuat low MPV ini layak dipilih


Jakarta - Toyota Avanza tumbuh menjadi idola baru masyarakat Indonesia yang senang dengan kendaraan serbaguna. Ukuran kompak baik dari segi dimensi bodi hingga kapasitas mesin menjadi senjata utama bagi Avanza untuk merajai pasar mobil penumpang di Indonesia.



Mesin jangan lupa diservis setiap 10 ribu km

Tidak heran bila mobil ini dijuluki mobil sejuta umat karena banyaknya unit yang sudah beredar. Memasuki generasi kedua, dilakukan perubahan besar-besaran pada desain bodi dan kaki-kaki sehingga menjadi lebih mantap. Improvement terus dilakukan hingga versi yang Anda lihat saat ini.



Dasbor minimalis dan mudah perawatan

All New Avanza edisi tahun 2013 ini telah mengalami penyempurnaan dengan penambahan fitur keselamatan seperti dual SRS Airbag di kabin depan, front seatbelt pretensioner, driver seatbelt warning, dan sistem rem ABS untuk semua tipe.



Spidometer belum ada laporan keluhan

Lalu kenyamanan juga ditingkatkan melalui revisi pada sektor Noise, Vibration, & Harshness (NVH), juga back cushion yang lebih tebal pada bagian trim dan kursi. Pada tipe G, diakui oleh sejumlah pedagang mobkas sebagai primadona di pasar karena menggunakan mesin K3-VE dengan teknologi VVT-i berkapasitas 1300 cc.



Transmisi manual cukup responsif

Selain mengusung penambahan perangkat keselamatan dan kenyamanan, tampilan dan fitur yang dimiliki Avanza tipe G ini masih sama dengan versi sebelumnya. Seperti pada interior, penggunaan jok berbahan fabric yang relatif nyaman dipertahankan.



Kabin tengah bisa diduduki tiga orang

Namun karena dianggap mudah kotor, unit yang ditemui pada umumnya telah mendapatkan sarung jok atau dilapis kulit sintetik oleh pemilik sebelumnya. Bermain di sektor head unit single DIN yang dapat memutar MP3, memiliki output ke 4 buah speaker. Sedangkan untuk eksterior tetap mengandalkan nuansa krom di beberapa titik seperti grill, cover spion, dan pintu bagasi.



Ruang barang cukup lapang bila jok belakang di lipat

Lalu dapat ditemui pula keberadaan sensor parkir di bumper belakang, cukup membantu ketika hendak parkir mundur. Berhubung mobil ini sudah mencapai usia 2 tahun, maka perlu untuk memperhatikan secara seksama bila hendak membelinya.



Kaki-kaki perlu dicek lantaran usia sudah dua tahun

“Paling utama adalah cek komponen fast moving seperti pelumas, kampas rem, atau ban apakah masih mencukupi? Karena terkait dengan keselamatan berkendara. Selain itu bisa juga menelusuri riwayatnya melalui buku servis,” ungkap Ridwan Zaelani, Service Advisor Tunas Toyota Cinere, Depok.

Selebihnya, Avanza tergolong tangguh mengenai ketahanan komponen mesin dan kaki-kaki. • (otomotifnet.com)



Paling utama adalah cek komponen fast moving seperti pelumas, kampas rem, atau ban apakah masih mencukupi? Karena terkait dengan keselamatan berkendara. Selain itu bisa juga menelusuri riwayatnya melalui buku servis.”

Ridwan Zaelani Service Advisor Tunas Toyota Cinere





Jangan lupa amati kondisi ban serep



Umumnya pelek masih standar dan jarang diupgrade



Bentuk buritan mudah dikenali

PLUS:
1. Aftersales service dan resale value yang baik
2. Fitur keselamatan sudah lebih baik
3. Radius putar pendek

MINUS:
1. Suspensi limbung
2. Perlu penambahan peredaman kabin
3. Ada gejala road noise

Data Spesifikasi

Mesin : 1.394 cc VVTi 16 klep
DOHC Konfigurasi mesin: 4 silinder segaris
Kapasitas penumpang : 7 orang
Transmisi : Manual 5 Percepatan


Simulasi Biaya KPM

Mengingat banderol MPV sejuta umat ini masih cukup tinggi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memanfaatkan lembaga leasing dalam urusan mengangsur pembayaran mobil. Bisa segera siapkan dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, rekening koran tiga bulan terakhir, slip gaji, dan sebagainya untuk mempermudah proses pengajuan kredit.

Lamanya cicilan wajib disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Yang umum biasanya bisa sampai dengan 4 tahun, dengan simulasi pembayaran seperti tabel yang tersedia. Namun bila Anda menginginkan tenor atau nominal yang berbeda, bisa segara negosiasikan dengan lembaga leasing yang dipilih. Dan boleh juga ditanyakan tentang kemungkinan promo atau diskon yang bisa Anda dapatkan dari proses kredit ini. •


KPM 4 Tahun

Harga Jual Rp. 145.000.000
DP murni Rp. 43.500.000
Angsuran Rp. 2.961.000
Administrasi Rp. 2.555.000
Asuransi Rp. 2.827.500
Provisi Rp. 1.015.000
Total Pembayaran Pertama Rp. 52.859.000
Sumber : Berkah Motor, Jl. Raya Tajur No. 149, Bogor, Jabar. Telp. 0251-8339853

Menakar Biaya Servis

Seperti yang telah tercantum pada buku servis, perawatan ke bengkel resmi wajib dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 10 ribu kilometer atau 6 bulan. Penggantian oli berikut filternya sudah pasti menjadi pekerjaan utama di setiap kesempatan servis.

Mengingat kondisi unit yang telah mencapai usia 2 tahun, maka ada baiknya bila filter udara diganti baru. Begitu pula untuk pemantik api ruang bakar alias busi, juga butuh penggantian di usia ini. Tidak lupa, bagian pelumasan seperti minyak rem, oli transmisi, dan pelumas kopling juga perlu dipantau kondisinya karena interval penggantiannya telah tercapai, kecuali bila sempat terendam banjir maka harus langsung dikuras dan diganti pelumas baru.

Komponen lain jangan dilupakan untuk diperiksa, terutama komponen yang selalu bekerja keras seperti kampas rem, timing belt, dan kaki-kaki. Pemeriksaan wajib dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara nantinya. •
 
Menakar Estimasi Biaya Servis (belum termasuk ppn 10%)

Filter Oli Rp. 35.000
Filter Udara Rp. 130.000
Fan belt Rp. 105.000
Oli mesin Rp. 80.000/liter
Oli gardan Rp. 60.000
Kampas rem depan Rp. 455.000
Kampas rem belakang Rp. 330.000
Sokbreaker depan Rp. 920.000
Sokbreaker belakang Rp. 415.000
Minyak power steering Rp. 74.000
Minyak rem Rp. 45.000
Filter AC Rp. 81.000
Engine coolant Rp. 115.000
Sumber : Tunas Toyota, Jl. Raya Cinere No.19 Depok, Jawa Barat. Telp. 021-7540108














EDITOR

Otomotifnet

Top