Selasa,13 Okt 2015 13:06 WIB

Penulis: pewete pewete

HOW TO BUY Daihatsu Xenia Li Deluxe plus M/T 2011

Foto: tejja

HOW TO BUY Daihatsu Xenia Li Deluxe plus M/T 2011



Bagi Anda yang mengejar sisi fungsi dari sebuah kendaraan, Xenia berkapasitas mesin 1.000 cc ini bisa menjadi pilihan


Jakarta - Salah satu keunikan dari Daihatsu Xenia adalah terdapat versi mesin berkapasitas 1000 cc dan 1.300. Untuk versi mesin 1.000 cc, Xenia generasi awal memiliki 2 tipe yaitu tipe Mi dan Li yang memiliki perbedaan di bagian kelengkapan teknis dan aksesori yang digunakan. Seperti tipe Li telah dilengkapi power steering, power window, central lock, dan sistem audio.



Perhatikan kondisi oli transmisi supaya perpindahan daya tetap terjaga

Khusus tipe Li Deluxe Plus seperti unit yang tengah Anda lihat saat ini, tambahan kelengkapan yang akan anda dapatkan seperti pelek alloy 14 inci, lampu sign di batok spion, dan sensor parkir di bumper belakang. Meskipun mengusung kapasitas mesin yang kecil, namun sudah dilengkapi dengan teknologi katup variabel alias VVT-i (Variable Valve Timing – Intelligent).



Batok spion dengan lampu sign ini merupakan kelengkapan standar. Sayang belum dilengkapi dengan electric mirror

Nah, teknologi ini akan mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Meskipun begitu, Anda perlu memaklumi bila torsi yang dimiliki oleh Xenia Li ini tidak sebesar Xenia Xi yang mengusung mesin 1.300 cc sehingga butuh kesabaran bila menghadapi tanjakan dengan muatan banyak.



Desain dasbor cukup ringkas, sudah waktunya untuk disegarkan

Begitu pula untuk capaian top speed yang cenderung lebih rendah dibandingkan “sang saudara”. Sektor interior tidak berbeda jauh dengan versi di atasnya. Aslinya jok yang digunakan adalah berbahan fabric, namun karena dianggap mudah kotor maka pada umumnya telah menggunakan sarung jok aftermarket atau dilapis kulit sintetik oleh pemilik sebelumnya.



Sudah dilengkapi dengan head unit single DIN, namun akan lebih baik bila diupgrade

Tambahannya, Anda juga perlu memahami mekanisme kaca spion karena tipe Li Deluxe Plus ini belum dilengkapi dengan electric mirror sehingga butuh sedikit usaha untuk melakukan pengaturan kacanya. Berhubung mobil ini sudah mencapai usia 4 tahun, perlu perhatian ekstra mengenai kondisinya.



“Paling utama adalah cek komponen fast moving seperti pelumas, kampas rem dan kopling, serta ban. Bila perlu, jangan sungkan untuk membawa unitnya ke bengkel resmi guna dilakukan check up guna memastikan kondisi mobil,” ungkap ungkap Aris Triyono, Service Advisor Astra Daihatsu Pondok Cabe di Tangerang Selatan. • (otomotifnet.com)

Paling utama adalah cek komponen fast moving seperti pelumas, kampas rem dan kopling, serta ban. Bila perlu, jangan sungkan untuk membawa unitnya ke bengkel resmi guna dilakukan check up guna memastikan kondisi mobil.”

Aris Triyono
Service Advisor Astra Daihatsu Pondok Cabe




Kabin tengah masih mencukupi untuk tiga orang penumpang dewasa

Simulasi Biaya KPM


Meskipun banderolnya sudah cukup terjangkau, Anda masih tetap bisa untuk melunasinya secara kredit. Manfaatkan saja lembaga pembiayaan dalam urusan mengangsur pembayaran mobil ini. Jika Anda tertarik, bisa segera siapkan dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, rekening koran tiga bulan terakhir, slip gaji, dan sebagainya untuk mempermudah proses pengajuan kredit.



Desain pelek menyerupai tipe tertinggi. Harap perhatikan ketebalan kembangan ban

Lamanya cicilan wajib disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Biasanya bisa sampai dengan 4 tahun, dengan simulasi pembayaran seperti tabel yang tersedia.Jangan lupa untuk menanyakan perihal kemungkinan diskon yang bisa Anda dapatkan dari proses kredit ini. •



Meskipun tergolong kuat, kaki-kaki tetap butuh pengecekan

KPM 4 Tahun
Harga Jual Rp 102.000.000
DP murni Rp 25.500.000
Angsuran Rp 2.232.000
Administrasi Rp 2.800.000
Asuransi Rp 1.989.500
Provisi Rp 1.530.000
Total Pembayaran Pertama Rp 34.051.000
Sumber : Metro Carindo, Jl. Ir. H. Juanda No. 14, Depok, Jabar. Telp. 021-98266335



Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi ban serep

Menakar Biaya Servis


Merujuk pada ketentuan dalam buku servis, perawatan ke bengkel resmi harus dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5 ribu kilometer. Pada poin ini, bagian kendaraan yang diperiksa adalah seperti jumlah cairan pelumas, dan v-belt.



Ruang bagasi cukup lapang bila jok baris belakang dilipat ke depan

Tidak lupa penggantian oli berikut filternya sudah termasuk dalam paket pengerjaan. Sedangkan untuk kelipatan 10 ribu kilometer ditambah dengan pemeriksaan pada komponen rem dan tune-up pada mesin.



Lebih aman bila Anda meminang unit dengan rekam jejak servis yang bagus

Kisaran biaya yang dibutuhkan masih cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 165 ribu untuk jasa servis 5 ribu km, sedangkan kelipatan 10 ribu membutuhkan Rp 880 ribu untuk biaya jasa karena lebih banyak jumlah pengerjaannya.

Mengingat kondisi unit yang telah mencapai usia 4 tahun, ada baiknya bila filter udara diganti baru. Begitu pula untuk pemantik api ruang bakar alias busi, juga butuh penggantian di usia ini. Tidak lupa, bagian pelumasan seperti minyak power steering dan rem, serta pelumas kopling juga perlu dipantau kondisinya karena interval penggantiannya telah tercapai, kecuali bila sempat terendam banjir maka harus langsung dikuras dan diganti pelumas baru. •

Menakar Estimasi Biaya Servis
Filter Oli Rp. 35.000
Filter Udara Rp. 75.000
Busi Rp. 14.000/pc
Oli mesin Rp. 99.000/liter
Filter Bensin Rp. 1.550.000
Kampas rem depan Rp. 455.000
Kampas rem belakang Rp. 385.000
Sokbreaker depan Rp. 540.000
Sokbreaker belakang Rp. 220.000
Minyak power steering Rp. 70.000
Kampas kopling set Rp. 1.500.000
V-belt set Rp. 210.000
Engine coolant Rp. 115.000
Sumber : Astra Daihatsu Pondok Cabe, Jl. Raya Pondok Cabe CA 2 No.12 Tangerang Selatan, Banten. Telp. 021-74708028

Plus:
1. Model tidak termakan zaman meskipun versi baru sudah hadir
2. Mampu menampung tujuh penumpang
3. Radius putar pendek

Minus:
1. Suspensi limbung
2. Mesin kurang bertenaga
3. kesenyapan kabin terbilang kurang

Data Spesifikasi

Mesin : 989 cc VVTi 16 klep, DOHC Konfigurasi
mesin: 3 silinder segaris
Kapasitas penumpang : 7 orang
Transmisi : Manual 5 Percepatan













EDITOR

Otomotifnet

Top