Kamis,1 Okt 2015 17:04 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Honda Jazz i-DSI A/T 2007

Foto: tejja

How To Buy Honda Jazz i-DSI A/T 2007



Butuh hatchback yang praktis dan sudah teruji? Honda Jazz generasi awal ini dapat menjadi jawaban bagi Anda


Jakarta - Dihadirkan pertama kali oleh PT. Honda Prospect Motor (HPM) di awal tahun 2004, Honda Jazz langsung dapat menggebrak pasar hatchback pada saat itu. Berbagai keunggulan ditawarkan olehnya, seperti mesin berkapasitas 1.500 cc dengan konsumsi bahan bakar yang dinilai hemat.



Perawatan mesin harus rutin terutama penggantian komponen fast moving

Lalu desain bodi yang dinamis dan kompak sehingga membantu mobilitas dalam lingkup ruang perkotaan. Unit yang saat ini sedang Anda pandangi adalah versi i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) lansiran tahun 2007 yang telah mengalami minor facelift dengan desain eksterior lebih segar dibanding versi awalnya,



Dasbor minimalis dan biasanya semua fitur masih bekerja dengan baik

yaitu ubahan bumper yang lebih manis, kombinasi warna lampu belakang, serta pelek berpalang 10 yang lebih sporty. Sedangkan untuk sektor interior mendapatkan head unit 2 DIN Kenwood DPX 3070. Berbagai keunggulan yang sudah dimiliki sejak awal tentunya tetap tersedia,



Butuh perhatian lebih untuk perawatan transmisi CVT

seperti adanya fitur ultra seat yang memeungkinkan kursi penumpang dapat dilipat sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mengangkut barang dengan ukuran yang tidak biasa. Lalu kompartemen penyimpanan barang dan juga cup holder yang tersedia cukup banyak tersebar di kabin.



Tidak sedikit head unit sudah diupgrade pemilik sebelumnya

Terlepas dari semua keunggulan itu, Anda perlu memberi perhatian lebih terhadap mobil yang telah mencapai usia 8 tahun lantaran sudah mulai banyak bagian yang aus karena pemakaian. Semisal kembangan ban, kampas rem, komponen kaki-kaki, juga komponen mesin.



Model Jok biasanya ditambahkan pelapis oleh pemilik sebelumnya

Selain itu harap waspada pula terhadap penyakit bawaan yang dimiliki Honda Jazz generasi awal ini. “Penyakit umum yang biasa terjadi adalah masalah power window yang kerap macet dan transmisi CVT yang mulai tidak halus pergerakannya,” ujar Suryo selaku Service Advisor Honda Permata Hijau.



Konfigurasi pelipatan Jok belakang yang fleksibel, sangat membantu dalam urusan akomodasi

Tapi tidak perlu khawatir karena efek dari penyakit tersebut bisa dikurangi. “Untuk bagian power window cukup rajin dibersihkan saja bagian karet jendelanya, dan untuk transmisi CVT wajib dijaga interval penggantian oli transmisinya,” tambah pria paruh baya ini. • (otomotifnet.com)

“Untuk bagian power window cukup rajin dibersihkan saja bagian karet jendelanya, dan untuk transmisi CVT wajib dijaga interval penggantian oli transmisinya.”
Suryo (Service Advisor Honda Permata Hijau)



Ruang barang bisa memenuhi kebutuhan anak kuliahan

Plus:

• Handling lincah
• Mesin hemat bahan bakar
• Ruang kabin lega di kelasnya

Minus:
• Power window kerap bermasalah
• Tenaga mesin kurang
• Harga sebagian spareparts masih tinggi



Stop Lamp serupa dengan versi JDM

Data Spesifikasi
Mesin : 1500 cc 8 klep, SOHC, i-DSI
Konfigurasi mesin: 4 silinder segaris
Transmisi : Otomatis CVT Kapasitas
penumpang : 5 orang



Biasanya sudah mengalami penggantian ban dari bawaannya

Simulasi Biaya KPM

Jika hendak meminangnya secara tunai, Honda Jazz ini berbanderol sekitar Rp 110 juta. Namun bila Anda mementingkan pos pengeluaran yang lain, lembaga leasing bisa dimanfaatkan untuk mengangsur pembayaran mobil ini.



Komponen kaki-kaki biasanya sudah ada yang minta ‘jajan’

Segera siapkan dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, rekening koran tiga bulan terakhir, slip gaji, dan sebagainya untuk mempermudah proses pengajuan kredit. Lamanya cicilan biasanya bisa sampai dengan 4 tahun, dengan simulasi pembayaran seperti tabel yang tersedia.

Namun bila Anda menginginkan tenor atau nominal yang berbeda, bisa segara negoisasikan dengan lembaga leasing yang Anda pilih. •



Dua generasi setelahnya telah hadir membuat model buritan terlihat agak lawas

KPM 4 Tahun

Harga Jual Rp 110.000.000
DP murni Rp 33.000.000
Angsuran Rp 2.246.000
Administrasi Rp 2.250.000
Asuransi Rp 2.145.000
Total Pembayaran Pertama Rp 39.641.000
Sumber : Purnama Mobil, Jl. Raya Pondok Cabe No. 107 G-H, TangSel Telp. 021-7403159

Menakar Biaya Servis


Merujuk pada buku servis, ada dua macam perawatan yang dilakukan di bengkel resmi. Nah, yang pertama adalah penggantian oli dan filternya pada setiap kelipatan 5000 km. kemudian servis berkala dengan pengecekan lebih banyak jenis item di setiap kelipatan jarak tempuh 10 ribu kilometer.

Adapun ongkos penggantian oli, sudah termasuk dalam harga pembelian oli. Sedangkan untuk kelipatan 10 ribu kilometer, ongkos servisnya berkisar mulai dari Rp 278 ribu dengan rincian kerja seperti pengecekan fanbelt, sistem radiator, penggantian busi, dan sebagainya.

Komponen lain jangan dilupakan dilakukan pemeriksaaan, seperti ketebalan kampas rem, kelistrikan dan kaki-kaki untuk memastikan bahwa kendaraan layak untuk dijalankan. •

Menakar Estimasi Biaya Servis (sebelum PPn 10%)
 
Filter Oli Rp. 37.000 Filter Udara Rp. 129.000 Fanbelt Rp. 90.000/set Oli mesin Rp. 90.000/liter Oli girboks CVT Rp. 299.000 Kampas rem depan Rp. 436.000 Kampas rem belakang Rp. 225.000 Sokbreaker depan Rp. 1.588.000/pc Sokbreaker belakang Rp. 756.000/set Minyak rem Rp. 22.000 Busi Rp. 22.000/pc Engine coolant Rp. 23.000 Sumber : Honda Permata Hijau, Jl. Raya Kebayoran Lama No.40 Jakarta Selatan. Telp 021-5332565













EDITOR

Otomotifnet

Top