Selasa,18 Agust 2015 10:05 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Nissan Teana 250 XV CVT 2014

Foto: tejja

How To Buy Nissan Teana 250 XV CVT 2014



Sedan mewah dari Nissan ini layak Anda boyong bila ingin mengejar tingkat kenyamanan terbaik dan penampilan yang agresif


Jakarta - Mobil-mobil Nissan terkenal karena kenyamanannya, tidak terkecuali sedan andalan mereka, yaitu Teana. Dan pada generasi ketiga yang telah beredar di Tanah Air sejak tahun lalu, tingkat kenyamanan tetap sama baiknya dengan generasi yang dahulu. Kini saatnya Anda bisa juga menikmati kenyamanannya walaupun hanya mengambil unit yang berstatus bekas.



Cek kondisi mesin dan lihat jejak rekam servis

Mengusung platform terbaru yaitu L33 yang secara kasat mata tidak begitu jauh perbedaannya dibanding generasi sebelumnya yang berkode J32, tingkat kenyamanan dirasa hampir sama walaupun ada yang mengatakan bahwa L33 memiliki karakter suspensi yang lebih keras. Pun begitu handling diyakini lebih baik dibandingkan versi lawasnya.



Lingkar kemudi modem dengan banyak tombol

Sisi eksterior terlihat menawan dengan banyaknya sudut-sudut tajam yang menegaskan kesan lebih sporti khas desain Nissan terbaru, sekaligus menjadi sejalan dengan karakter suspensinya. Lampu depan mengaplikasi Xenon Project Lens yang terlihat bagaikan sorot mata yang tajam.



Audio benar-benar sempurna

Sedangkan bagian belakang yang sudah proposional kini disandingkan dengan lampu belakang LED yang makin mempertegas karakter modern. Dengan usia yang relatif muda, tentu saja bodi dijumpai dalam kondisi mulus. Masuk ke dalam kabinnya, bagian dasbor kini terlihat lebih sederhana namun fungsional.



Jok depan dijamin ergonomis
Dilengkapi dengan layar LCD di tengah, dan display MID di panel instrumen yang lebih informatif. Selain itu, dengan posisi mengemudi yang lebih mantap dan dapat diatur ke berbagai posisi tentunya akan memberikan kesan menarik bagi driver.



Kabin belakang tawarkan kenyamanan maksimum

Namun sayangnya fitur seperti sensor blind spot, around view monitor, dan peringatan bila keluar jalur tidak disediakan. Untungnya di bagian belakang memang tercipta untuk membuat nyaman siapapun yang menumpangnya. Kursi belakang yang empuk dan lega, bagaikan duduk di sofa rumah.



Mewah dengan sunroof

Ditambah lagi dengan kualitas peredaman kabin yang sangat baik serta sistem audio kelas premium yang dikawal oleh Bose 9 speaker. Soal mesin, kini Teana sudah menanggalkan versi V6. Versi terbaru ini hanya mengusung mesin QR25DE 2.500 cc 4 silinder segaris yang serupa dengan milik X-Trail.



Kaki-kaki masih aman

Transmisi yang diusung adalah otomatis XTRONIC CVT, power mesin mengalir dengan halus ke roda. Tidak begitu agresif seperti pendahulunya, namun kehalusan dan konsumsi bahan bakar yang lebih baik menjadi jawabannya. Konsumsi dalam kota bisa diraih sekitar 9,5 km/liter dan untuk luar kota kurang lebih 18 km/liter.



Ruang barang cukup bersahabat untuk ukuran sedan bongsor

Bila tertarik untuk memboyongnya, pastikan Anda melakukan pengecekan menyeluruh terlebih dahulu. “Yang paling utama adalah lihat rutinitas servis di bengkel resmi melalui buku servis. Lalu kondisi interior apakah masih bersih atau tidak, sebut Florentius Herianto selaku Wakil Kepala Bengkel Nissan TB Simatupang, Jaksel.



Pelek sudah elegan tidak perlu diupgrade

“Bagian dalam kap mesin juga perlu diperhatikan apakah sasisnya masih lurus atau tidak, dikhawatirkan bekas insiden,” tambahnya. Dan tentu saja keabsahan surat kendaraan juga wajib ditelusuri. • (otomotifnet.com)

"Bagian dalam kap mesin juga perlu diperhatikan apakah sasisnya masih lurus atau tidak, dikhawatirkan bekas insiden.” Florentius Herianto
Wakil Kepala Bengkel Nissan TB Simatupang, Jaksel

Data Spesifikasi Nissan Teana 250XV CVT 2014
Mesin : 2488 cc
Konfigurasi mesin: 4 silinder segaris
Transmisi : Otomatis CVT
Kapasitas penumpang : 5 orang

Plus:
- Suspensi nyaman
- Kabin nyaman dan senyap
- Penampilan lebih sporti

Minus:
- Unit bekas tidak banyak
- Performa kurang responsif
- Resale value belum teruji

Simulasi Biaya KPM


Karena unitnya masih relatif baru, tentunya masih mudah untuk mencari lembaga leasing yang mau untuk membiayai. Nah, yang paling utama, siapkan dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, rekening koran tiga bulan terakhir, slip gaji, dan berbagai dokumen terkait untuk mempermudah proses pengajuan kredit.

Setelah Anda sudah menyiapkan berbagai persyaratan tersebut, kemudian tinggal bernegosiasi dengan lembaga leasing yang Anda tunjuk. Di situ Anda bisa mengatur tentang total pembayaran awal, serta jumlah dan tenor cicilan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. •

KPM 3 Tahun Harga Jual Rp. 425.000.000 DP 25% Rp. 106.250.000 Angsuran Rp. 10.980.000 Administrasi Rp. 2.000.000 Asuransi Rp. 42.500.000 Provisi Rp. 3.187.000 Total Pembayaran Pertama Rp. 164.918.000 Sumber : Bestcar, Bursa Mobil MGK Lt.3 S36, Jakpus. Telp. 021-70105551


Menakar Biaya Servis

Nissan menjadwalkan servis berkala untuk Teana ini setiap 10.000 km. Pada setiap kelipatan jarak tempuh, memiliki rincian servis yang berbeda. Untuk Teana yang telah berumur setahun ini diprediksi sudah melaju sejauh 10 ribu sampai dengan 20 ribu km sehingga pada servis yang akan datang wajib melakukan penggantian pada oli berikut filternya, filter AC, tune-up dan spooring pada roda. Ongkos jasa servis pada kelipatan kilometer 10 ribu adalah sekitar Rp 640.000.

Beda halnya bila telah mencapai 20 ribu km, rem menjadi bagian yang perlu dicek, di luar penggantian oli rutin. Sedangkan pada jarak tempuh 40 ribu km, kemungkinan ada penggantian pada filter udara, fan belt, serta menguras minyak rem. Pada kelipatan 20 ribu ini dikenakan biaya jasa servis sebesar Rp. 960.000.

Bila telah mencapai jarak tempuh 80 ribu km, rinciannya hampir sama dengan servis 40 ribu km, namun ditambah dengan menguras radiator dan mengisi coolant yang baru. Dan pada 100 ribu km ada penggantian busi di keempat silindernya. •

Menakar Estimasi Biaya Servis (belum termasuk PPN 10%) Filter Oli Rp. 34.000 Filter Udara Rp. 253.000 Filter AC Rp. 261.000 Oli Mesin Rp. 87.000/liter Fan belt Rp. 225.000 Coolant Radiator Rp. 68.500 Busi Rp. 160.000/pc Minyak rem Rp. 69.000/ ½ liter Kampas rem depan Rp. 600.000 Kampas rem belakang Rp. 968.000 Sumber : Nissan TB Simatupang, Jaksel. Telp. 021.75909794













EDITOR

Otomotifnet

Top