Senin,19 Okt 2015 09:02 WIB

Penulis: pewete pewete

How To Buy Toyota Kijang Krista 1.8 M/T 1999

Foto: tejja

How To Buy Toyota Kijang Krista 1.8 M/T 1999



Dengan jaminan ketanggguhan dan kemudahan spare parts serta pernah menjadi simbol prestise di eranya, kini saatnya bagi Anda untuk memilikinya


Jakarta - Toyota Kijang, siapa yang tidak mengenalnya? MPV dengan kapasitas angkut 7 penumpang ini merupakan kendaraan popular di seluruh penjuru Indonesia. Sampai jargon ‘tiada duanya’ atau ‘mobil sejuta umat’ selalu terasosiasikan dengan Kijang.



Hindari membeli mobil dalam kondisi "basah"

Nah kali ini yang akan diulas merupakan Toyota Kijang berkode bodi KF70 alias bodi kapsul, dengan tipe tertingginya yaitu Krista. Mulai diedarkan di medio 1997, Kijang Krista merupakan simbol prestise bagi keluarga Indonesia yang memiliki kemampuan ekonomi memadai.



Periksa ragam fitur dan kelengkapan pada dasbor lantaran usia yang sudah berumur lama

Kijang Krista pada dasarnya memiiki konstruksi bodi, sasis, dan mesin yang sama dengan Toyota Kijang Kapsul lainnya, lebih tepatnya adalah versi sasis panjang alias LGX. Yang membuatnya menjadi spesial dan prestisius adalah desain bodi dan kelengkapan fiturnya.



Ada juga yang ditemui spidometer sudah tidak berfungsi dengan baik

Seperti penggunaan moulding bodi tambahan di sekujur bodi samping sehingga tampilannya lebih kekar dan mewah, lalu penggunaan pelek alloy 15 inci dengan desain yang lebih apik. Perbedaan lainnya adalah nuansa interior yang lebih mewah ketimbang varian Kijang kapsul lainnya.



Audio biasanya sudah diupgrade pemilik sebelumnya

Penggunaan mesin berkode 7K 1.800 cc berkonfigurasi 4 silinder segaris OHV (Over Head Valve) dengan sistem pengabut bahan bakar karburator tetap dipertahankan dari era sebelumnya lantaran kemudahan dalam urusan perawatan, ketahanan, dan kemudahan mencari spare parts.



Dengan usia mobil yang telah mencapai belasan tahun, tentu kondisi kendaraan harus sangat diperhatikan dengan seksama sebelum Anda memutuskan untuk meminangnya, “Paling utama adalah cek komponen fast moving seperti kampas rem, busi, dan lain-lain.



Bila beruntung, Anda bisa dapatkan jok yang sudah dilapis ulang

Selain itu perlu diperhatikan kondisi karet bodi yang kerap aus, penggantian baru merupakan solusi paling jitu,” ujar Muhammad Akum dari gerai Citra Jaya Motor di Pasar Onderdil Cipete, Jaksel yang merupakan spesialis mobil-mobil lansiran Toyota.



Jok tengah dan belakang bisa memuat lima hingga enam orang dewasa

Bagian lain yang perlu Anda kenali adalah bagian kaki-kaki. Seperti bagian suspensi, meskipun mengusung per daun namun bantingannya tergolong lembut. Tetapi hal itulah yang perlu Anda waspadai, cek dari sisi depan atau belakang apakah per daun sudah mulai melengkung dan menyebabkan mobil menjadi miring ke satu sisi.



AC Double Blower sudah menjadi bawaan

Jika hal tersebut terjadi, maka persiapkan dana lebih untuk memperbaikinya. Lalu jangan lupa juga untuk mengecek kondisi arm dan bushing arm yang kemungkinan sudah mulai aus karena menahan kinerja suspensi yang berkarakter lembut tersebut. • (otomotifnet.com)

"Paling utama adalah cek komponen fast moving seperti kampas rem, busi, dan lain-lain.”
Muhammad Akum
Citra Jaya Motor Pasar Onderdil Cipete, Jaksel




Jangan lupa cek ban cadangan

Plus:

• Spare parts mudah didapat
• Model bodi tidak ketinggalan zaman
• Ruang kabin lega



Ruang barang cukup bersahabat

Minus:

• Per daun sudah mulai ada yang melengkung
• Konsumsi bahan bakar kurang efisien
• Karet bodi mudah aus



Model belakang sudah terlihat lawas

Data Spesifikasi

Mesin : 1.800 cc OHV
Konfigurasi mesin: 4 silinder segaris
Kapasitas penumpang : 7 orang
Transmisi : Manual 5 Percepatan

Simulasi Biaya KPM

Beruntung di zaman yang sedang serba susah ini, masih ada lembaga pembiayaan yang mampu membantu Anda dalam urusan pelunasan pembelian kendaraan bermotor, meskipun kendaraan tersebut sudah cukup berumur.

Segera saja Anda persiapkan dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, rekening koran tiga bulan terakhir, slip gaji, dan sebagainya agar Anda dapat memulai proses kredit. Lamanya cicilan biasanya dapat dinegoisasikan, misalnya sampai dengan 3 tahun seperti tabel simulasi pembayaran yang tersedia.

Namun bila Anda menginginkan tenor atau nominal yang berbeda, bisa segara negoisasikan dengan lembaga pembiayaan yang membantu proses kredit tersebut. •

KPM 3 Tahun
Harga Jual Rp 79.000.000
DP murni Rp 19.750.000
Angsuran Rp 2.275.365
Administrasi Rp 2.700.000
Asuransi Rp 1.549.000
Provisi Rp 1.185.000
Total Pembayaran Pertama Rp 25.029.865

Sumber : Aumos Auto, Tem’s Otomart ITC Permata Hijau Lt. 5 lot B8 Jaksel.
Telp. 0818-671880


Menakar Biaya Servis

Bengkel mobil manapun, baik bengkel resmi maupun bengkel umum sudah dipastikan bisa menangani Kijang Krista karena mesin yang dipakai sudah sangat familiar, yaitu tipe 7K. Penggunaan karburator juga membuat perawatannya menjadi sangat simpel dah mudah ditangani mekanik manapun.

Urusan biaya servis juga akan bervariasi, mengikuti banyaknya komponen yang diganti, juga jenis perawatan yang dilakukan, semisal melakukan tune-up dengan menggunakam carburator cleaner. Filter bensin ada baiknya diganti agar kondisi mesin tetap prima.

Kondisi minyak rem dan pelumas kopling juga perlu dipantau kondisinya. Kemudian tentu saja oli mesin dan transmisi wajib diperiksa. Pada umumnya oli transmisi mampu bertahan lebih lama ketimbang oli mesin, kecuali bila sempat terendam banjir maka harus langsung dikuras olinya. Untuk oli mesin disarankan setiap 6 bulan sekali agar dilakukan penggantian.

Untuk komponen lain jangan dilupakan untuk diperiksa, seperti ketebalan kampas rem, kondisi v-belt, kelistrikan dan kaki-kaki untuk memastikan bahwa kendaraan layak untuk dijalankan. •

Menakar Estimasi Biaya Servis

Filter Oli Rp. 30.000
Filter Udara Rp. 65.000
Filter bensin Rp. 45.000
Oli mesin Rp. 170.000/galon
Kampas kopling Rp. 1.150.000/set
Kampas rem depan Rp. 200.000
Kampas rem belakang Rp. 175.000
Sokbreaker depan Rp. 440.000
Sokbreaker belakang Rp. 420.000
Minyak rem Rp. 30.000 V-belt Rp. 130.000/set
Engine coolant Rp. 120.000

Sumber : Citra Jaya Motor, Pasar Onderdil Cipete Blok AKS No.31-32, Jakarta Selatan.

Telp. 021-29307567












EDITOR

Otomotifnet

Top