Rabu,13 April 2016 06:30 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Ini Daftar Mobil Yang Cocok Pakai DEXlite, Jangan Maksa

Foto: Harryt/otomotifnet

Pertamina siapkan solar DEXlite

Jakarta- PT Pertamina (Persero) siap meluncurkan bahan bakar solar terbarunya, DEXlite. Jika tidak ada halangan, bahan bakar untuk mesin diesel ini akan meluncur Jumat (15/4).

Dengan Cetane Number 51 dan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm, mobil apa saja yang bisa 'minum' Pertamina Dexlite?

Diungkapkan Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero), Afandi, untuk targetnya mobil-mobil seperti Toyota Fortuner lama, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Kijang lama bisa beralih menggunakan DEXlite.

"Sulfurnya masih tinggi 1.200 ppm, jadi kendaraan seperti Mercedes-Benz, BMW, Mitsubishi Pajero Sport baru, Toyota Fortuner baru, Hyundai Santa Fe, dan Isuzu MU-X yang diisi solar subsidi langsung nyala indikator filternya sebaiknya jangan pindah ke Pertamina DEXlite," papar Afandi di The Hermitage, Menteng, Jakarta, Selasa (12/4).

Afandi juga menjelaskan, sama dengan keberadaan Pertalite untuk bahan bakar bensin yang akan menggeser konsumen Premium, DEXlite juga diharapkan mampu menggerus penggunaan solar bersubsidi.

"Jika konsumen solar bersubsidi sudah merasakan bunyi dan performa yang lebih halus ketika menggunakan DEXlite, diharapkan konsumen akan terus bergeser dari solar bersubsidi," pungkasnya.

Sebagai informasi, harga untuk Pertamina DEXlite ini akan dibanderol Rp 6.750 per liter. Dan untuk uji coba pasar yang akan dimulai, Jumat (15/4), Pertamina akan mendistribusikan DEXlite ke 33 SPBU di wilayah Jabodetabek.

Berikut daftar kendaraan yang direkomendasikan menggunakan Pertamina DEXlite:

1) Chevrolet Captiva dan Colorado
2) Hyundai H-1 CRDI
3) Isuzu D-Max dan Elf
4) Kia Pregio & Carnival
5) Mitsubishi Triton dan Pajero Sport non-VGT
6) Nissan Frontier
7) Peugeot XUD-9
8) Renault Duster
9) Tata Aria
10) Toyota Hiace, Commuter, Innova dan   Fortuner non-VNT
11) Semua merek dan tipe truk

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top