Jumat,11 Nov 2016 14:30 WIB

Penulis: Harryt MR

Ini Merek Dan Tipe Mobil Paling Memuaskan Konsumen Versi Auto Bild Indonesia

Foto: Auto Bild Indonesia

Berbagai merek dan tipe mobil paling memuaskan konsumen sesuai survey yang dilakukan melalui angket online

Jakarta – Berdasarkan hasil survey online yang dilakukan di www.autobild.co.id, maka terangkum hasil Customer Satisfaction Survey (CSS) 2016 yakni untuk mengetahui kepuasan pemilik dan pengguna mobil terhadap kendaraan yang dimilikinya.

Tentu penasaran siapa saja pemenangnya. Berbagai merek dan tipe mobil paling memuaskan konsumen versi Auto Bild Indonesia resmi diumumkan Kamis (10/11) pada gelaran Auto Bild Award 2016.

Parameter survey CSS menggunakan pendekatan kuantitatif dan memanfaatkan angket online sebagai instrumen pengumpulan data. Survei online ini berlangsung pada periode 11 Februari-31 Oktober 2016 dan mampu menjaring 1.537 responden.

Mereka adalah para pemilik dan pengguna mobil pribadi yang minimal diproduksi tahun 2000.

Dalam CSS tahun ini atribut tingkat kepentingan (importance) dan kinerja (performance) mobil yang disertakan ada sembilan buah.

Ini meliputi Daya Tahan, Konsumsi BBM, Performa, Pengendalian/Handling, Kenyamanan, Harga Beli, Fitur, Teknologi Keamanan, dan Layanan Bengkel Resmi.

Auto Bild Indonesia menggelar CSS ini adalah tahun ketiga. “Tujuan kami membuat CSS ini tentu saja untuk melengkapi acara tahunan Auto Bild Award.

Jika Auto Bild Award itu merupakan penilaian redaksional Auto Bild terhadap sebuah produk otomotif, maka CSS itu murni suara konsumen,” ujar Bimo Aribowo, Editor in Chief Auto Bild Indonesia.

Kepuasan pelanggan (customer satisfaction) ditentukan oleh persepsi pelanggan atas performance (kinerja) produk atau jasa dalam memenuhi harapan pelanggan.

Tingkat kepuasan pelanggan tersebut diukur menggunakan metode bernama Customer Satisfaction Index.

Daftar pemenang auto bild award 2016

Daftar pemenang Customer Satisfaction Survey (CSS) 2016

Daftar pemenang auto bild award 2016

Daftar pemenang Customer Satisfaction Survey (CSS) 2016

Daftar pemenang auto bild award 2016

Daftar pemenang Customer Satisfaction Survey (CSS) 2016

“Yang berbeda dengan CSS di tahun ini adalah hadirnya kategori baru, yaitu Nett Promoter Score (NPS). Dengan NPS kami berupaya mengungkap bagaimana penilaian seseorang atas sebuah produk saat ini yang nyatanya sudah dipengaruhi berbagai aspek eksternal.

Bisa dari informasi teman, kolega atau ulasan di media sosial yang terbukti berdampak signifikan,” lanjut Bimo.

Dengan kata lain, melalui NPS kita bisa melihat apakah pemilik mobil mau merekomendasikan (promotor) atau tidak (detractor) mobil yang mereka miliki ke orang lain. Baik itu teman, rekan kerja, saudara atau keluarga.

Selain mengetahui kepuasan kepuasan pemilik dan pengguna mobil terhadap kendaraan yang dimilikinya, dalam CSS 2016 juga mengungkap produk-produk aftermarket yang paling banyak digunakan oleh para responden selama 6 bulan terakhir.

Ada tujuh kategori produk aftermarket yang terdapat dalam angket CSS 2016, yaitu bahan bakar (fuel), pelumas mesin (lubricant), ban (tyre), kaca film (window film), produk perawatan kendaraan (car care), pembiayaan kendaraan (car financing), dan asuransi kendaraan (car insurance).

Total ada 27 kategori penghargaan yang diberikan dalam seremoni CSS tahun ini. Perinciannya untuk peraih Customer Satisfaction Index tertinggi berdasarkan tipe (type) ada 9 kategori, berdasarkan merek (brand) ada 10 kategori, produk aftermarket favorit 7 kategori, dan 1 kategori buat peraih Nett Promotor Score tertinggi. (otomotifnet.com)

EDITOR

Harryt MR

Top