Kamis,27 Okt 2016 09:15 WIB

Penulis: Bagja

Laporan Langsung dari Tiongkok

Jangan Sepelekan Peran Wiper untuk Safety Driving

Foto: Bagja

Keberadaan wifer di mobil memiliki peran yang cukup penting

Changsha - Wiper. Sedikit orang yang enggak tau benda ini di mobil. Tapi sedikit juga yang menganggap serius perannya.

Ah, hanya sebagai penyapu air hujan di jendela. Tapi justru peran kecil itulah yang membuat wiper jadi penting keberadaannya di kaca mobil. 

"Keselamatan bisa berawal dari komponen kecil pada mobil. Dari hal yang paling kecil tapi sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara," kata Director of Sales and Marketing Services Bosh Asia Pasific, Wang Yufeng, di pabrik wiper Bosch, Changsa, Tiongkok, Rabu (26/10). 

Kebayang lah bagaimana kondisinya. Kalau wiper tidak optimal menyapu siraman air hujan, kalau wiper membuat kaca jadi berbayang dan membuat sinar dari depan pecah dan menyilaukan, terparah, kalau saat hujan wiper anda benar-benar tidak berfungsi, apa potensi yang bisa terjadi saat anda nyetir.

"Angka kecelakaan di Malaysia dan Thailand masuk dalam daftar tertinggi secara global. Salah satunya karena visibilitas kurang optimal," paparnya. 

Sementara itu, Bosch yang menjadi pemasok wiper global, termasuk Indonesia, terus berinovasi agar produknya dapat meningkatkan keselamatan berkendara. 

Untuk wiper, Bosch punya teknologi terkini selain wiper model konvensional, yakni 'flat-blade' yang didesain untuk menempel sempurna mengikuti permukaan kaca. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top