Jumat,25 Des 2015 07:30 WIB

Penulis: erie

Pembuat Jok Replika

Jok Replika Kebon Sirih Mencoba Bertahan

Foto: Arief

Sejumlah jok replika buatan Kebon Sirih

Jakarta- Jika berbicara kawasan Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat, selain terkenal dengan jalan Jaksa, tempat tersebut juga dikenal dengan banyaknya usaha reparasi atau pembuat jok mobil.

Salah satunya adalah, Jok Mobil Usaha Bersama milik Rudi Gunawan. Pria ramah ini mengaku telah menjalankan usaha ini dari puluhan tahun lalu. Bahkan, usaha ini merupakan warisan dari salah satu saudaranya.

"Usaha awalnya dari Om saya, dia sudah dari tahun 1970-an menggeluti usaha ini. Kalau saya sudah dari 1990-an. Sudah lama lah saya menggeluti usaha ini," papar Rudi Gunawan saat berbincang dengan OTOMOTIFNET, pekan lalu.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, untuk saat ini dirinya memang lebih berkonsentrasi untuk membuat jok mobil mulai dari jok balap (racing) atau jok biasa berbahan semi kulit.

Untuk menunjang usahanya, ia juga melakukan strategi pasar dengan menawarkan jasanya di media sosial atau dunia maya.

Sementara itu, untuk masalah harga memang tergantung bahan yang akan digunakan calon konsumen. Apakah menggunakan bahan yang bagus atau biasa-biasa saja.

Terlebih, untuk bahan baku penjualan jok ini memang tidak pernah turun, dan selalu naik (harganya).

"Tidak ada patokan kalau harga, Paling murah itu bisa Rp 2,5 juta dan paling mahal bisa Rp 4 sampai 5 juta," tambahnya. Arief (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

erie

Top