Jumat,4 Des 2015 16:58 WIB

Penulis: erie

Keselamatan di Jalan Raya

Jonan Tambah Anggaran Keamanan dan Keselamatan Transportasi

Foto: Harryt

Pelanggaran lalu lintas salah satunya karena sarana dan prasana jalan raya yang kurang memadaii

Jakarta- Menteri Perhubungan, Iganasius Jonan menargetkan tahun 2019 tingkat fatalitas akibat kecelakaan akan berkurang 50 persen. “Kita targetkan itu. Sedangkan tahun 2035, kecelakaan akan berkurang 80 persen,” papar Iganasius Jonan, disela sambutan pada gelaran Indoesia Road Safety Award (IRSA) 2015 (2/12).

Masih menurutnya, atas dasar itu Kementerian Perhubungan pada tahun depan akan mengusulkan penambahan anggaran. “Tahun depan kami mengusulkan anggaran keamanan dan keselamatan transportasi sebesar 12 persen,” lanjutnya.

Hal ini beralasan, mengingat tanggung jawab berada di Kementerian yang dipimpinnya.

“Saya baru tahu kewajiban memasang marka jalan itu adalah kewenangan Kemenhub dan rekomendasi keselamatan jalan raya baik tol dan non tol ada di kita. Makanya kita butuh tambahan dana untuk meningkatkan infrastruktur dan membuat program-program,” katanya, seraya berjanji akan fokus atas pemakaian anggaran sesuai tujuannya.

Menteri Jonan juga curhat soal bawahannya yang bertugas mengkampenyekan keselamatan berlalu-lintas hanya lewat duduk di kantor.

“Kampanye keselamatan berlalu-lintas sebaiknya jangan hanya di kantor saja. Tapi langsung di jalan. Bagaimana bisa tepat sasaran kalau hanya dikantor, implementasinya langsung di jalan dong,” ujarnya. Harryt (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

erie

Top