Selasa,20 Okt 2015 19:11 WIB

Penulis: Wayang

Jurus Jitu Agar Klaim Asuransi Berjalan Lancar

Foto: Dok Otomotif

Jurus Jitu Agar Klaim Asuransi Berjalan Lancar



Jakarta - Sebagai pengguna Asuransi yang baik dan cerdas, kita juga butuh pengetahuan mengenai asuransi, khususnya dalam proses pemenuhan hak kita yaitu klaim. Nah, Garda Oto sebagai salah satu produk asuransi kendaraan punya jurus jitu agar klaim bisa lebih cepat dan mudah.

Secara umum, klaim merupakan permintaan yang diajukan dari tertanggung (pemegang polis) kepada penanggung (perusahaan asuransi) sesuai dengan kontrak yang disepakati sejak awal, salah satu contohnya adalah klaim atas kerusakan yang terjadi pada mobil yang telah diasuransikan sebelumnya. Dalam pengajuan klaim tersebut, ada beberapa tahapan yang dilalui oleh pemegang polis, dan akan lebih baik apabila kita mengetahui tahapan tersebut dan bisa melakukan monitoring di setiap prosesnya.

Jika kita mengambil contoh kendaraan, pelaporan terhadap kerusakan menjadi bagian paling awal dalam proses klaim. Di tahap ini ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi oleh pemegang polis mulai dari mengisi laporan kerugian, fotokopi polis, hingga surat keterangan dari polisi seperti surat kehilangan.

Walaupun berurusan dengan banyak pihak, namun ini menjadi bagian yang paling penting untuk diperhatikan pemegang polis mengingat kelengkapan semua berkas berpengaruh banyak kepada proses approval pengajuan klaim. Ketika dokumen telah lengkap, tim surveyor akan melakukan investigasi terkait kerugian/kerusakan yang terjadi. Sebagai pemegang polis, Anda bisa ikut proaktif membantu proses investigasi dengan memberi tahu bagian apa saja yang mengalami kerusakan, hal ini dilakukan agar tidak ada kerusakan yang luput dari investigasi surveyor.

Sebagai penyedia jasa asuransi terhadap perlindungan kendaraan, Asuransi Astra lewat Garda Oto berusaha membantu proses klaim kerugian Anda dengan proses awal yang mudah, sehingga proses perbaikan dapat segera dikerjakan.

"Keinginan kami untuk lebih dekat dengan pelanggan kami wujudkan dengan tersebarnya cabang Garda Oto di kota-kota di Indonesia serta Garda Center di beberapa pusat perbelanjaan, yang dapat membantu proses survey klaim Anda dengan lebih mudah dan nyaman," jelas Laurentius Iwan Pranoto, selaku PR & Event Manager Garda Oto. (Otomotifnet.com)

EDITOR

fendi

Top