Kamis,24 Maret 2016 16:49 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Indeks Kebahagiaan Berkendara 2016

Karena Alasan Ini Nissan Jadi Brand Paling Bikin Bahagia

Foto: Dok

Nissan jadi merek paling membahagiakan

Jakarta- Selain mengumumkan model-model mobil atau motor yang paling bikin bahagia, acara puncak Survey Indeks Kebahagian Berkendara (IKB) 2016 yang dilaksanakan oleh OTOMOTIFNET juga memberikan penghargaan kepada merek paling bikin bahagia.

Untuk tahun ini, merek yang berhasil menggondol predikat tersebut adalah Nissan dengan presentase sebesar 69,60 persen. Hasil tersbeut mengalahkan Suzuki yang berada di posisi runer-up dengan presentase sebesar 69,13 persen.

"Dibandingkan merek lain, Nissan jarang meresa dikecewakan pengendara lain, seperti jarang merasa terintimidasi oleh pengendara lain, jarang merasa kesal, dan jarang meresa dilecehkan," papar Hendy Aditiya dari tim riset IKB Kompas-Gramedia.

Lebih lanjut Hendy menjelaskan, dari segi fisik kendaraan pengguna Nissan paling puas dari segi kecepatan, kapasitas tempat duduk, kebanggan terhadap merek Nissan dan desain bodi mobil Nissan.

"Ini merupakan penghargaan yang sangat bernilai buat Nissan, karena ini merupakan evaluasi dari konsumen. Penghargaan ini juga membuktikan bahwa produk Nissan adalah produk yang berkualitas yang mampu menjawab keinginan konsumen," papar Budi Nur Mukmin, GM Marketing Strategy and Communication Division Nissan Motor Indonesia (NMI).

Survey online IKB berlangsung pada 15 Januari hingga 29 Februari 2016 di OTOMOTIFNET.COM dan melibatkan 3.086 responden yang merupakan pengguna kendaraan motor dan mobil. 

Usia responden lebih dari 18 tahun, secara geografis berasal dari 30 provinsi di Indonesia dengan profil pria dan wanita SES A sampai dengan C. Sedang motor yang disurvei harus sudah berumur minimal 1 tahun.

Totalnya ada 109 pertanyaan tentang indeks kepuasan berkendara dan tingkat emosi saat berkendara yang harus diisi oleh setiap responden. 

Kedua parameter ini meliputi aspek kualitas fisik kendaraan, aspek kondisi fisik jalan dan aspek perilaku pengendara lain. Setiap pertanyaan dalan survei diarahkan untuk mencari tahu ekspektasi kebahagiaan menurut pengguna kendaraan, lalu kita tanyakan sejauh mana kebahagiaan kendaraan yang digunakan berdasarkan ekspektasi tersebut.

Selamat Buat Nissan! (otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top