Sabtu,16 April 2016 12:00 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Kasih Nama DEXlite, Pertamina Terinspirasi Otomotifnet

Foto: Arief

DEXlite sudah resmi diluncurkan

Jakarta - Bahan bakar untuk mobil diesel dari Pertamina resmi dilepas ke pasar dengan label, DEXlite. Bisa jadi singkatan dari Pertadex Lite, versi murah dari Pertadex.

Sama dengan bahan bakar baru sebelumnya, Pertalite, Pertamina menggabungkan dua nama bakan bakar berkualitas miliknya dan ditambahkan kata lite di belakang (Pertamax-lite dan Pertamina Dex-Lite).

Menurut Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto, DEXlite merupakan bahan bakar dengan kualitas Pertamina Dex namun dengan harga terjangkau (lite).

"Kenapa lite, karena dengan cetane number 51 dibandingkan dengan solar bersubsidi yang hanya 48 dan Pertamina Dex 53, harusnya DEXlite harganya Rp 7.100 namun ini Rp 6.750. Saya rasa ini harganya terjangkau," papas Dwi Soetjipto di sela-sela peluncuran DEXlite, Jumat (15/4).

Nah, sebelum DEXlite ini meluncur dan resmi menggunakan nama tersebut, OTOMOTIFNET sempat memberitakan bahan bakar ini dengan nama Pertadex-lite pada Februari 2016 lalu. Baca deh Ini Kata Pertamina Soal Pertadex-Lite

Sebelumnya, Pertamina berniat menamakan solar murah berkualitas ini dengan nama 'Solarlite', namun nama tersebut sudah digunakan perusahaan pemanas air. Karena itu, maka dipakailah nama DEXlite, yang bisa jadi terinspirasi OTOMOTIFNET nih, hehe.

Sebagai informasi, DEXlite hadir dengan cetane number 51 dan kandungan sulfur maksimal sebesar 1.200 ppm. Untuk harganya, DEXlite dibanderol Rp 6.750 dan untuk tes pasar, Pertamina menyediakan bahan bakar ini di 33 SPBU di Jabodetabek.

Dan bahan bakar ini bisa menjadi pilihan bagi pemilik mobil diesel yang menginginkan bahan bakar solar berkualitas dengan harga terjangkau.

EDITOR

Bagja

Top