Minggu,5 Juni 2016 09:45 WIB

Penulis: otomotifnet

Kenali Penyebab Kecelakaan Jangan Sampai Berawal Dari Diri Sendiri

Halaman 1 dari 5

Foto: rian

Kenali Penyebab Kecelakaan Jangan Sampai Berawal Dari Diri Sendiri

Jakarta - Sekitar 90 persen kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh human factor. Itu hal yang pasti,” sebut FX. Sony Susmana, Assesor Madya dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Manusia memang menjadi sentral dari munculnya kecelakaan. Sebab menyangkut kendaraan dan jalanan pun, manusia berperan di dalamnya.

Attitude serta behaviour menentukan apakah kita membahayakan pihak lain. Sebab, saat berada di jalan kita juga harus menguasai lingkungan sekitar dan menghormati hak pengguna jalan lainnya. Lebih spesifik, ada beberapa hambatan terjadi yang bisa berujung pada kecelakaan. Ya, seperti berikut ini.• (otomotifnet.com) / toncil

Fatique

Biasa terjadi jika pengendara memaksakan diri terus mengemudi meski sudah letih. Tak sedikit pengendara enggan mengakui sudah kelelahan. Jika demikian, faktor bahaya dan menimbulkan kecelakaan menjadi sangat besar. Sebab badan lelah, konsentrasi akan jauh menurun. Efeknya, refleks juga menurun dan kurang mampu mengantisipasi. Mengantuk sendiri merupakan bagian dari fatique. “Sebaiknya istirahat setiap 4 jam. Lamanya istirahat bisa disesuaikan dengan kondisi,” sebut R. Tito Putranto, Senior Instructor & Co Owner De.Id, sebuah lembaga safety driving.

Dalam Pengaruh Obat

Jika masih harus minum obat-obatan karena mengidap penyakit tertentu, sebaiknya hindari mengemudi sendiri. “Meski obat yang diminum tidak menyebabkan kantuk, lebih baik jangan. Selain supaya obat bisa bekerja maksimal, juga supaya tubuh benar-benar istirahat,” ucap dr Natasha. Seandainya benar-benar terpaksa, pastikan kecepatan tidak terlalu tinggi. Supaya bisa mendapat langkah antisipasi menghindari kecelakaan.

Kenali Penyebab Kecelakaan Jangan Sampai Berawal Dari Diri Sendiri
Modifikasi

Modifikasi

Pikirkan dengan baik terutaman jika berkaitan dengan kelistrikan atau jalur bahan bakar. Sebab, dua jalur ini bisa menciptakan api yang bisa menghanguskan kendaraan. Pastikan jalur kelistrikan dalam keadaan aman dan juga menggunakan sekring sebagai pengamannya. Kemudian kalau pakai alat penghemat bahan bakar, sebaiknya diketahui benar cara pemasangannya.

Ugal-Ugalan

Di jalanan kota besar sering dijumpai pengendara ugal-ugalan. Baik dengan kecepatan tinggi atau berjalan seenaknya, tidak pada jalur, juga memotong jalan pengendara lain. Perilaku yang demikian jelas mengundang tingkat kecelakaan lebih tinggi. Baik bagi pengendara itu sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Kenali Penyebab Kecelakaan Jangan Sampai Berawal Dari Diri Sendiri
Terlalu Dekat

Terlalu Dekat

Macet menghasilkan jarak antar kendaraan sangat rapat. Tentu terbayang jika mobil di depan tiba-tiba melakukan pengereman, pengemudi di belakang tak punya cukup waktu untuk mengerem. Terjadilah tabrakan beruntun. Setidaknya sundulan kecil.

 

Halaman 1 2 3 4 5

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top