Selasa,25 Agust 2015 10:04 WIB

Penulis: pewete pewete

Komparasi Premium, Pertalite dan Pertamax di Mobil: Test Konsumsi BBM (Bag.1)

Foto: Rian, OCTA

Komparasi Premium, Pertalite dan Pertamax di Mobil: Test Konsumsi BBM (Bag.1)



Resmi diluncurkan(24/7) lalu, Pertalite diklaim punya banyak manfaat. Bukan sebagai pengganti Premium namun sebagai pilihan  alternatif untuk yang ingin efisien. Ssst agar komplet kami mengujinya sekaligus dengan Pertamax untuk Anda!


Jakarta - Bagi yang naksir memang masih ekstra pasang mata mengintip SPBU penjual Pertalite. Pasalnya bahan bakar RON 90 in masih uji pasar. Kenali nozzle berwarna putih sebagai identitas Pertalite. Kerap berdampingan dengan nozzle kelir kuning yang berarti jenis Premium, biru itu si Pertamax.

Kalau yang sudah biasa pakai Pertamax mungkin saja tidak tergoda beralih ke Pertalite. “Secara spesifikasinya paling bagus ya Pertamax,” kata Adi Prasetyo, pengguna Suzuki Ertiga keluaran 2013. Bagaimana pengguna Premium? Secara nominal harga Premium(Rp7.400/liter) lebih murah Rp 1.000 ketimbang Pertalite(Rp 8.100/liter). Tapi jika dikomparasi dengan jarak tempuh apakah nominalnya tetap unggul?

Kami komparasi ketiganya lewat pengetesan langsung. Sengaja dipilih Toyota Avanza A/T 2011, terawat servis teratur meski odometer 100 ribuan km agar tahu efeknya pada mobil seumuran ini. Lain kali pasti mengetesnya dengan mobil baru. Yuk intip hasilnya• (otomotifnet.com)



Tes Konsumsi Bahan Bakar


Pengetesan dilakukan secara langsung pada unit Toyota Avanza bertransmisi otomatis. Kondisi mesin tentunya sehat, oleh karena selalu dilakukan servis berkala dan perbandingan kompresinya 11:1. Masing-masing bahan bakar, dites jalan dengan kecepatan konstan 100 kpj. Agar mendapat kecepatan konstan, pengetesan dilakukan di tol lingkar luar Jakarta.

OTOMOTIF membuat tangki bahan bakar khusus untuk melakukan tes konsumsi. Tangki custom itu berisi maksimal 3 liter, menggantikan tangki standar Avanza.Prosedur pengetesannya setelah tangki khusus tersebut diisikan bahan bakar, Avanza dijalankan sampai mogok dengan kecepatan konstan 100 kpj.

Kemudian baru dihitung angka kilometer saat start dan finish saat mesin benar-benar mati. Masing-masing bahan bakar, mendapat jatah yang sama pada pengetasan ini. Tangki bikinan OTOMOTIF, diisikan bahan bakar sebanyak 2 liter saja. Dengan Premium sebanyak 2 liter tersebut, Avanza bisa melaju dan mogok setelah menempuh jarak 22 km.

Jadi untuk 1 liter bahan bakar Premium, bisa dipakai untuk menempuh jarak 11 km. Berikutnya dilakukan pada Pertalite, dengan perlakuan pengetesan yang sama seperti Premium, hasilnya mobil mogok setelah menempuh jarak 26 km (13 km/liter). Sedangkan ketika pengetesan pada jenis Pertamax, hasil akhirnya 28 km atau sama dengan 14 km/liter.


Data Test Konsumsi BBM

Premium 1:11 liter/km
Pertalite 1:13 liter/km
Pertamax 1:14 liter/km

EDITOR

Otomotifnet

Top