Selasa,25 Agust 2015 14:05 WIB

Penulis: bagja otomobil

Komparasi Premium, Pertalite dan Pertamax di Mobil: Uji Angka Oktan (Bag.5)

Foto: Rian, OCTA

Komparasi Premium, Pertalite dan Pertamax di Mobil: Uji Angka Oktan (Bag.5)



Resmi diluncurkan(24/7) lalu, Pertalite diklaim punya banyak manfaat. Bukan sebagai pengganti Premium namun sebagai pilihan  alternatif untuk yang ingin efisien. Ssst agar komplet kami mengujinya sekaligus dengan Pertamax untuk Anda! 


Jakarta - Bagi yang naksir memang masih ekstra pasang mata mengintip SPBU penjual Pertalite. Pasalnya bahan bakar RON 90 in masih uji pasar. Kenali nozzle berwarna putih sebagai identitas Pertalite. Kerap berdampingan dengan nozzle kelir kuning yang berarti jenis Premium, biru itu si Pertamax.

Kalau yang sudah biasa pakai Pertamax mungkin saja tidak tergoda beralih ke Pertalite. “Secara spesifikasinya paling bagus ya Pertamax,” kata Adi Prasetyo, pengguna Suzuki Ertiga keluaran 2013. Bagaimana pengguna Premium? Secara nominal harga Premium(Rp7.400/liter) lebih murah Rp 1.000 ketimbang Pertalite(Rp 8.100/liter). Tapi jika dikomparasi dengan jarak tempuh apakah nominalnya tetap unggul?

Kami komparasi ketiganya lewat pengetesan langsung. Sengaja dipilih Toyota Avanza A/T 2011, terawat servis teratur meski odometer 100 ribuan km agar tahu efeknya pada mobil seumuran ini. Lain kali pasti mengetesnya dengan mobil baru. Yuk intip hasilnya• (otomotifnet.com)




Uji Angka Oktan


Dilansir secara resmi oleh pihak PT Pertamina (Persero), bahwa angka RON Premium berada di angka 88. Sedangkan untuk Pertalite 90 dan Pertamax 92. Apakah memang angka tersebut sesuai dengan kenyataan di lapangan? OTOMOTIF jajal melakukan pengetesan angka RON pada masing-masing jenis bahan bakar tersebut.

Alat octane meter yang digunakan berlabel Zeltec Inc tipe ZX101C milik PT Catur Bangun Putra (CBP) yang memiliki bidang usaha oil & gas equipment spescialist & consultant. “Simpangan akurasi alat tersebut 1-2% dari nilai oktan yang diterbitkan,” tegas HM. Gazy Amin, President Director CBP.

Bahan bakar jenis Premium dan Pertamax, dibeli dari SPBU yang ada di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar. Sedangkan Pertalite diperoleh dari SPBU di kawasan Pondok Indah, Jaksel. Masing-masing bahan bakar dites secara bergantian.

Seperti pada pengetesan konsumsi bahan bakar, maka Premium yang dapat giliran pertama. Angka oktan yang keluar dari pengetesan tersebut 90,9 atau. 89,1 jika minus 2%. Lanjut ke Pertalite dan angka RON yang keluar lewat pengetesan tersebut adalah 92,1. Bila dikurangi dengan 2% , didapat nilai  oktan 90,26. Terakhir pengetesan Pertamax dan hasilnya 93,0. Dengan tolerasni akurasi 2%, maka didapat hasil 91,14. Nyaris pas!

Top