Sabtu,21 Mei 2016 07:15 WIB

Penulis: Pilot

KUN 2016: Cerita Pengrajin Purbalingga Melayani Knalpot Stereo Sportcar Eropa

Foto: Istimewa

Kontrol elektronis seperti ini yang menempel di muffler

Purbalingga - Kiprah Usaha Kecil Menengah (UKM) knalpot aftermarket Purbalingga memang sudah berkelas internasional. Bukan hanya orderan knalpot standar namun juga sport muffler stereo alias bersuara ganda ala sportcar Eropa. “Knalpot jenis ini cukup sulit karena dilengkapi valve control elektronis,” terang Agus Adi Atmaja, produsen knalpot mobil dengan merek Brex Van Volker, di pinggiran Purbalingga, Jateng ini.

Menurut Agus, suplai ke Eropa seperti Belanda dan Jerman memakai merek negara importir. Jadi perusahaan tersebut bertanya apakah dirinya bisa membuat muffler dengan peranti yang cukup hitech, yakni valve control agar suaranya bisa diatur sesuai keinginan pemilik mobil.

knalpot purbalingga
Agus Adi Atmaja. Banyak permintaan sesuai kebutuhan konsumen

Di Eropa teknologi ini dikenal sebagai butterfly valve atau valvetronics. Katup mirip kupu-kupu ini bisa menutup salah satu lubang buang pada tabung muffler belakang sportcar bermesin 8-10 silinder. Ada dua fungsi dengan ditutupnya lubang buang ini, yakni untuk aplikasi sportmode dan normal mode.

Sportmode dengan dibukanya katup ini gas buang yang dilolosi bisa lebih freeflow, menghasilkan tarikan lebih kuat dan yang pasti, sensasi suara yang meningkatkan adrenalin. Caranya cukup menekan tombol di dasbor dan Roaaarrr...

Orderan customized seperti ini dirasa cocok dengan karakter UKM milik Agus. “Harganya bagus, sebagai perajin kami menciptakan roh pada knalpot seperti yang diinginkan sang pemilik secara personal,” tambah pria ramah ini. Dirinya bahkan belum bermimpi menjalan bisnis secara pabrikasi dengan membuat knalpot dengan target tertentu. Orderan selama ini cukup mengalir dan tidak pernah berhenti dari dalam dan luar negri.  

 

EDITOR

Pilot

Top