Jumat,12 Agust 2016 20:15 WIB

Penulis: erie

Kontribusi Untuk Negeri

KUN 2016: Menjaga Volume Kendaraan di Bali

Foto: Rian

Pemerintah provinsi Bali punya regulasi soal pembatasan kendaraan yang komperhensif

Bali - Sebagai wilayah tujuan wisata kelas dunia, provinsi Bali ternyata sudah mengantisipasi terjadinya lonjakan volume kendaraan.

"Bali punya populasi kendaraan sebanyak 3,5 juta unit saat ini," sebut I Made Santha selaku Kepala Dinas Pendapatan Bali (12/8).

Ditemui dikantornya, pria yang biasa dipanggil Pak De itu juga menyebutkan kalau Universitas Udayana pernah bikin riset yang menyebutkan bahwa seluruh wilayah Bali masih bisa menampung hingga 5,1 juta unit kendaraan.

Penyerahan
Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Bali, I Made Santha (kanan), bersama Redaktur Bisnis Otomotif Haryadi Hidayat

Dijelaskan lagi oleh pria yang pernah jadi Kepala Dinas Perhubungan provinsi Bali itu bahwa 'sisa' volume kendaraan itu disiapkan buat masa liburan dan kendaraan wilayah lain yang datang ke Bali.

Guna lebih akurat dalam menjaga komposisi volume kendaraan di seantero Pulau Dewata sudah ada Perda No.8 Tahun 2000. 

Peraturan itu membatasi usia operasi kendaraan angkut barang selama 5 tahun, angkutan penumpang 7 tahun, dan kendaraan pribadi 10 tahun. 

Kemacetan di Bali
Kemacetan di ruas jalan Sudirman kota Denpasar

"Saat ini juga sedang disusun Raperda yang akan mambatasi umur operasi kendaraan di Bali sampai 25 tahun," jabarnya lagi. 

Ia menegaskan pengaturan tentang carrying capacity itu untuk menjaga Bali bisa tetap nyaman saat dikunjungi wisatawan. (otomotifnet.com)

 

EDITOR

toncil

Top