Sabtu,11 Juni 2016 08:00 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Kontribusi Untuk Negeri 2016

KUN 2016: Sulitnya Membuat Bus Transjakarta

Foto: Istimewa

Salah satu bus feeder Transjakarta, APTB, yang dikerjakan oleh New Armada

Jakarta- Salah satu perusahaan karoseri 'senior' di Indonesia, New Armada, saat ini tengah mengerjakan proyek bus tingkat mewah Transjakarta.

Bus tingkat (Double Decker) berjenis Highlander ini sebagai bagian dari CSR sebuah perusahaan swasta nasional untuk Pemprov DKI Jakarta.

"Kita sudah mengirim satu ke Jakarta, dan saat ini masih sedang kita kerjakan lagi. Kita kirim langsung lewat jalur darat," papar Benny Darmawan P, Marketing Suppoprt Dept. Head PT Mekar Armada Jaya (2/6).

Bus tingkat mewah ini dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dan untuk spesifikasi bodi bus ini sudah menggunakan pelat.

Untuk kapasitasnya, angkutan massal ini akan mampu menampung 16 penumpang di tempat duduk bagian bawah dan 59 penumpang di tempat duduk lantai atas.

Bus serupa saat ini sudah beroperasi di jalan-jalan protokol di Jakarta.

Sejurus kemudian Benny menjelaskan bahwa pihaknya memang menjadi salah satu pihak yang mendapat pesanan bus-bus untuk armada Transjakarta.

Disebutkannya, mendesain bus kota itu bukanlah hal yang mudah karena soal persetujuan desain oleh pihak Pemprov DKI Jakarta yang harus ditaati secara disiplin.

"Beda satu lubang baut saja berarti sudah merupakan desain yang berbeda secara keseluruhan," jelas Benny.

Hal itu menurutnya supaya soal spesifikasi angkutan massal itu memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat penggunanya.

"Kelihatannya memang jadi lebih lama produksinya, tetapi itu memang diarahkan untuk menjaga standar mutu kendaraan secara keseluruhan," ungkapnya lagi.

kun 2016
Di ujung terlihat bus Transjakarta double decker sedang dalam pengerjaan
kun 2016
New Armada Magelang termasuk salah satu perusahaan karoseri yang membuat armada bus Transjakarta

 

 

EDITOR

erie

Top